Kamis, 06 Oktober 2022
Peristiwa Nasional

Solar Naik Ikan Murah, Nelayan Puger Kelimpungan

profile
Rochul

07 September 2022 18:10

335 dilihat
Solar Naik Ikan Murah, Nelayan Puger Kelimpungan
Nelayan Kecamatan Puger Β Jember Jawa Timur. Harga Ikan Murah Serta Solar Naik, Nelayan Puger Kelimpungan

JEMBER - Harga solar yang dinaikan oleh pihak pemerintah Indonesia ternyata berdampak kurang bagus kepada nelayan kecamatan Puger Jember Jatim.

Solar semula harga Rp 5.150 per liter dan sekarang tembus harga Rp 6.800 per liter dirasa oleh nelayan sangat mencekik, dimana selain kondisi harga ikan untuk saat ini juga murah ditambah kenaikan harga BBM menambah kalang kabut sebagian besar warga yang bergantung hidupnya di wilayah pesisir selatan Jember yaitu Puger.

Selain harga solar yang naik, keluh kesah nelayan juga dirasa yaitu kurang nya stok BBM jenis solar diwilayahnya sementara kebutuhan nelayan juga sangat banyak karena jumlah perahu di kawasan Puger jumlah nya juga ribuan.

"Waduh mas, dampak BBM jenis solar ini kami nelayan juga binggung, karena setiap hari harus melaut, ditambah lagi dengan kondisi harga ikan di wilayah kami tidak stabil dan cenderung murah saat ini, hal itu menambah derita kami," Kata Jupri Penasehat Kelompok Nelayan Sinar Bulan, Rabu,(7/9/2022).

Masih kata Jupri, selain kondisi harga ikan dan BBM jenis solar naik, pihaknya juga berharap agar pemerintah juga buat lagi SPBU khusus solar saja, karena kebutuhan nelayan Puger itu sangat banyak setiap hari, karena tempat yang dulu Quota tidak mampu melayani permintaan nelayan.

"Harga solar naik, dan tempat pengisian solar di Puger khusus nelayan cuma satu, dan juga Quota terbatas, dan apalagi dampaknya kami juga melaut tidak bisa jauh karena terbatas pengeluaran operasional saat melaut, jadi saat ini kami nelayan juga binggung mas," imbuh Jupri.

Sementara itu terlihat dari kenaikan harga BBM dan juga harga ikan yang cenderung murah, beberapa nelayan sebagian tidak melaut dan memilih membenahi perahu yang mereka buat cari nafkah akibat rusak karena terkena pendangkalan sungai yang menuju muara pelawangan Pancer. 

Editor : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Solar Naik Ikan Murah, Nelayan Puger Kelimpungan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT