Senin, 28 November 2022
Peristiwa Nasional

Ini Cara SMA SPI Kota Batu Satukan Perbedaan Suku, Ras, dan Agama

profile
Doi

19 Agustus 2022 11:08

498 dilihat
Ini Cara SMA SPI Kota Batu Satukan Perbedaan Suku, Ras, dan Agama
Aneka perlombaan kolektif, cara SPI satukan kesukuan, agama dan ras. (Doi/SJP)

KOTA BATU – Beraneka macam lomba bersifat kolektif, digelar OSIS SMA Selamat Pagi Indonesia (SPI) Kota Batu untuk menyatukan perbedaan suku, ras dan agama.

Selain memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77, belasan jenis perlombaan kolektif yang digelar diharapakan mampu menjadi media edukasi persatuan.

Ketua Osis SMA SPI, Junita Etelvina Tondji mengatakan sebanyak 128 siswa mengikuti lomba, dengan antusiasme tinggi.

"Kami beruntung bisa disatukan di SPI, sudah tidak ada lagi perbedaan warna kulit, agama atau kesukuan. Kami disini satu keluarga," katanya.

Para siswa membaur di lapangan sekolah, mengikuti lomba futsal dangdut. Perlombaan unik ini digelar secara pasangan. Tampak para siswa saling berebut bola sembari berjoget lincah.

Selain itu juga ada lomba makan kerupuk, lompat katak, estafet kelereng yang sudah digelar beberapa waktu lalu. 

"Perlombaan kami gelar untuk mempererat rasa persatuan antar murid yang berasal dari banyak daerah serta latar belakang," ujar gadis asal Poso itu.

Junita berharap, perlombaan yang digelar untuk memaknai momen kemerdekaan ini seharusnya tidak dimaknai saat HUT saja, namun setiap hari harus selalu ditanamkan dalam jiwa.

"Ini juga untuk mengakrabkan dengan rekan-rekan pelajar. Apalagi mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia, yang memiliki berbagai perbedaan. Mulai dari beda agama, suku dan lainnya," ucapnya.

Ditempat yang sama, Penasihat Yayasan SPI, Agung Pramono mengurai, saat peringatan kemerdekaan semua siswa diliburkan tapi wajib mengikuti upacara bendera dan perlombaan.

"Jadi kami juga ingin mereka mengenang jasa pahlawan, untuk mengisi kegiatan di hari kemerdekaan dengan berjuang keras dalam semangat di setiap lomba dan giatnya dalam belajar di sekolah," tutupnya.

Mantan kepala sekolah pertama di SPI itu, mengaku bangga kepada segenap jajaran pendidik juga siswa yang kuat mental dalam cobaan yang menimpa SPI saat ini.

"Saya melihat mereka tidak padam semangat dan tetap memiliki optimisme dan semangat tinggi," tandas dia. (Doi Nuri)

Editor: Redaksi 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ini Cara SMA SPI Kota Batu Satukan Perbedaan Suku, Ras, dan Agama

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT