Rabu, 17 Agustus 2022
Peristiwa Nasional

Insiden di Jember , 7 Rumah, 2 Mobil, dan 5 Sepeda Dibakar

profile
Rochul

04 Agustus 2022 18:42

794 dilihat
Insiden di Jember , 7 Rumah, 2 Mobil, dan 5 Sepeda Dibakar
Kondisi Rumah yang dibakar bersama Mobil dan Motor. (SJP)

JEMBER - Informasi tersebar yang beredar di sejumlah grup aplikasi WhatsApp. Diduga terjadi teror di wilayah Dusun Tetelandarungan, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo.

Pasalnya dikabarkan, terjadi aksi pembakaran 7 rumah, 2 mobil, dan 5 sepeda motor milik warga, Sabtu malam 30 Juli 2022 lalu.

Bahkan dari informasi yang tersebar itu, dikuatkan dengan adanya foto dan video. Tentang aksi pembakaran yang terjadi di wilayah setempat.

Mengenai informasi tersebut, Tokoh Masyarakat Kecamatan Silo KH. Abdul Muqiet Arif juga membenarkan adanya aksi pembakaran itu. 

Terkait dugaan teror itu, kata pria yang akrab dipanggil Kiai Muqiet ini. Berdasarkan informasi yang diterima olehnya, dari para tokoh masyarakat setempat.


“Awal informasi itu. Hari Ahad (Minggu, red) kemarin itu ada acara pengajian di Dusun Tetelandarungan, Desa Mulyorejo. Di sana itu, juga dekat dengan lokasi lahan Perhutani yang digarap masyarakat setempat,” kata Kiai Muqiet , Kamis (4/8/2022).

Sesaat sebelum acara pengajian dimulai, kata Kiai Muqiet, tokoh-tokoh masyarakat itu curhat kepada dirinya.

“Bahwa Malam Minggu (kemarin), ada kejadian 7 rumah penduduk, 2 mobil, dan 5 sepeda motor dibakar. Kejadian ini bukan yang pertama, Sebelumnya itu pernah terjadi (kasus serupa). Ada satu rumah dan dua motor dibakar,” ujarnya.

Saat ditanyakan kepada warga apa penyebab kejadian yang diduga teror itu?

“Warga sana malah terlihat ketakutan. Artinya kalau cerita (kasus dugaan teror itu). Jika ada yang memberitahu. Maka kemudian nanti jadi korban berikutnya. Itu yang saya tangkap (informasi) dari mereka,” ungkapnya.


Untuk kejadian sebelumnya soal satu rumah warga dan dua motor terbakar, lanjut Kiai Muqiet, beruntung masih dapat diredam.

“Api dapat dipadamkan dan kondisi mereda. Tapi yang barusan ini malah lebih banyak yang terbakar. Bahkan rumah yang terbakar sampai rata dengan tanah,” ucapnya.

Menurut pria yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Jember periode 2016 - 2020 ini, dengan kondisi resah yang dialami masyarakat setempat. Dirinya merasa prihatin.

“Kasihan masyarakat di sana, seperti dalam ketakutan. Saya menduga ada semacam premanisme, kalau menurut saya,” ucapnya.

“Wong katanya masyarakat, pelakunya sampai 50 orang. Tapi lebih pasnya mungkin bisa langsung konfirmasi ke masyarakat,” sambungnya.

Namun demikian, Kiai Muqiet menambahkan, menyikapi keresahan masyarakat. Anggota Mapolsek Silo, diketahui langsung melakukan tindakan.

“Untuk dugaan pelaku, saya juga belum tahu. Tapi terkait kasus ini, dari aparat kepolisian di Polsek turun ke lapangan bahkan sempat ngepam juga kabarnya. Tapi warga sama saya tertutup, melihat cukup masif mungkin (dugaan teror ini). Mungkin perlu diekspose (diungkap), agar ada penyelesaian yang baik,” terangnya.

Menanggapi terkait informasi dugaan teror di wilayah, AKP Suhartanto selaku Kapolsek menegaskan pihaknya sudah mengambil langkah tegas pengamanan di wilayah.

“Kami berkoordinasi dengan 3 TNI, Satpol PP langsung mengambil langkah dan tindakan pengamanan. Terkait hal itu kami masih melakukan penyelidikan,” kata Suhartanto.

Terkait terduga pelaku, kata Suhartanto, dibenarkan jika sampai puluhan orang. “Dari penyelidikan kami, jumlah pelaku bisa lebih dari 50 orang. Tapi ini masih lidik,” pungkasnya. (Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Insiden di Jember , 7 Rumah, 2 Mobil, dan 5 Sepeda Dibakar

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT