Kamis, 11 Agustus 2022
Peristiwa Nasional

Jelang Dini Hari, Akhirnya MSAT Serahkan Diri dan Dibawa ke Polda Jatim

profile
Andy

08 Juli 2022 04:01

964 dilihat
Jelang Dini Hari, Akhirnya MSAT Serahkan Diri dan Dibawa ke Polda Jatim
MSAT akhirnya menyerahkan diri. (SJP)

JOMBANG - Jelang dini hari hari, Kamis (7/7/2022) sekitar pukul 23.50 WIB. Akhirnya DPO kasus dugaan pencabulan terhadap santri, MSAT menyerahkan diri.

Setelah hampir 15 jam, Polisi mengepung dan menggeledah Pesantren Shidiqiyah di Losari, Ploso, Jombang, akhirnya berhasil menangkap MSAT.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung jalannya pengegakkan hukum hari ini.

"Sehingga, malam hari ini, yang bersangkutan menyerahkan diri kepada kami. Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung jalannya penegakan hukum ini," ujar Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta di lokasi.

Lebih lanjut, Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, kemudian dalam prosesnya telah terjadi kesepakatan. Namun, yang bersangkutan, belum menepati waktu yang disepakati bersama. Sehingga, dari periode, Februari, Maret, April diterbitkanlah surat pemanggilan yang pertama, tidak hadir.

"Diterbitkan surat pemannggilan kedua, tidak hadir. Lalu diterbitkan surat perintah membawa, yang bersangkutan juga menolak. Sehingga, dua hari yang lalu tim turun untuk dilakukan penjemputan. Namun, sekali lagi yang bersangkutan tidak mau menyerahkan diri," ungkap Nico Afinta.

Menurutnya, sejak pukul 08.00 WIB, pihaknya tetap mengedepankan komunikasi lewat orang tua. Karena, beliau sangat pihaknya hormati.

"Akhirnya, MSAT menyerahkan diri kepada kami dan dibawa ke Polda jawa Timur. Yang bersangkutan menyerahkan diri setengah jam lalu, untuk tempat penyembunyian ada di sekitar sini," tandasnya.

"Untuk yang menghalang-halangi penyidikan tadi ada sekitar 320 orang, yang saat ini masih dalam proses penyelidikan di Polres Jombang. 70 dari Jombang, yang lainnya dari luar, 40 lainnya masih anak-anak. Saya menyayangkan, anak-anak diikut sertakan. Saya tegaskan di sini, siapa pun yang menghalangi-halangi akan kami proses," pungkasnya.

Diduga, MSAT saat menyerahkan diri

Berdasarkan pantauan suarajatimpost.com, ditangkapnya putra KH Muhammad Mukhtar Mukti, MSAT ini ditandai dengan dibukanya pintu utama pesantren oleh polisi sekitar pukul 23.35 WIB.

Upaya penangkapan MSAT memang berjalan cukup alot. Selain dihadang ratusan simpatisan, polisi juga sempat kesulitan menemukan tempat persembunyian MSAT lantaran banyak ruangan tersembunyi di pesantren seluas 5 hektar itu. (Andy)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jelang Dini Hari, Akhirnya MSAT Serahkan Diri dan Dibawa ke Polda Jatim

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT