Kamis, 06 Oktober 2022
Peristiwa Nasional

Jual Chips Slot Permainan HIGGS, Beberapa Pelaku Ditangkap Tim Kalong 

profile
Rochul

22 Agustus 2022 13:22

3.5k dilihat
Jual Chips Slot Permainan HIGGS, Beberapa Pelaku Ditangkap Tim Kalong 
Salah satu Penjual Chips Slot Permainan Higs Domino Island saat di amankan Tim Buru Sergap Polres Jember. (SJP)

JEMBER – Jajaran Satreskrim Polres Jember, benar-benar perang terhadap pelaku tindak pidana perjudian yang selama ini dikenal dengan kode 303.

Hal ini dibuktikan dengan berhasil diamankannya 5 pelaku dalam semalam dari 3 lokasi yang berbeda pada Minggu malam 21 Agustus 2022 kemarin.

Para pelaku yang berhasil diamankan adalah Fandi Rosyid (25) Lardi (45) dan Dodik (42) ketiganya warga Desa Sempolan Kecamatan Silo.

Sedangkan 2 pelaku lainnya adalah Ahmad Faizar (27) warga Desa Purwoasri Gumukmas serta Teguh Widodo (39) warga asal Desa Jenggawah Kecamatan Jenggawah.

Dalam kesempatan tersebut, Kasatreskrim Polres Jember AKP. Dika Hadiyan Wiratama dalam wawancaranya menyatakan, bahwa game Higs Domino Island aplikasi permainan judi.

Dalam permainan tersebut, lanjut Dika, seringkali disalah gunakan oleh pemainnya untuk bermain judi, dimana dalam permainannya adalah pelaku melakukan jual beli chips yang didapat oleh pemain.

“5 pelaku kami amankan dari tiga lokasi, dan kedapatan melakukan transaksi jual beli chips di game Higs Domino Island," kata dia. Senin,(22/8/2022).

Modus dari pelaku, masih kata Dika, adalah menawarkan chips yang dimiliki dari permainan tersebut untuk di jual kepada pengguna lainnya.

"Disini unsur tindak perjudiannya, dan ini diakui oleh pelaku saat kami lakukan pemeriksaan,” kata Kasatreskrim, 

Dari kasus tersebut, Untuk membuat efek jera terhadap pelaku, pihaknya menjerat tersangka dengan pasal 45 ayat (2) Jo pasal 27 ayat (2) UU RI Nomor 19 tahun 2016 perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi Elektronik.

Atau Pasal 303 KUH Pidana ayat (1) ke 2e subsider Pasal 303 bis ayat (1) ke 1 KUHPidana Jo pasal 1,pasal 2 UU RI Nomor 7 tahun 1974 tentang penertiban perjudian. 

“Ancaman hukumannya maksimal 12 tahun penjara,” jelasnya.

Sedangkan dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa diantaranya 8 unit handphone beserta beberapa chargernya, serta uang tunai sebesar Rp. 8.869.000 hasil dari penjualan chips di Higs Domino Island. (Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jual Chips Slot Permainan HIGGS, Beberapa Pelaku Ditangkap Tim Kalong 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT