Senin, 28 November 2022
Peristiwa Nasional

Kalapas Mojokerto Gunakan Blangkon Pimpin Upacara Sumpah Pemuda ke-94

profile
Andy

28 Oktober 2022 13:20

670 dilihat
Kalapas Mojokerto Gunakan Blangkon Pimpin Upacara Sumpah Pemuda ke-94
Suasana upacara Hari Sumpah Pemuda ke-94 di halaman Lapas Kelas IIB Mojokerto. (SJP)

MOJOKERTO – Unik, Kalapas Mojokerto Dedy Cahyadi pakai jarik dan blangkon saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, Jumat (28/10/2022) pagi.

Biasanya, pakaian daerah ini digunakan anak-anak saat karnaval dalam memperigati HUT Kemerdekaan RI, tapi kali ini berbeda, orang dewasa pun ikut memakainya, sebagai wujud menghargai keberagaman budaya serta adat istiadat.

Tak hanya Kalapas, jajaran serta staf pun menggunakan berbagai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia saat memperingati Hari Jadi Sumpah Pemuda di halaman Lapas Kelas IIB Mojokerto, jalan Taman Siswa nomor 10 Kota Mojokerto.

Kalapas Mojokerto, Dedy Cahyadi mengatkan, Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia, Sumpah Pemuda merupakan keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia.

"Oleh karena itu, pada hari ini (28/10/2022) jajaran Lapas Mojokerto dibawah naungan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur melaksanakan upacara peringatan hari sumpah pemuda di halaman lapas pada pukul 07.30 WIB," ungkap Dedy Cahyadi kepada awak media.

Saat amanat, kalapas membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang berisi sejarah singkat dan pesan kepada pemuda indonesia untuk menjadi pemuda yang tangguh dalam bersaing menggapai prestasi. 

"Terimakasih kepada seluruh jajaran telah memperlihatkan niat yang serius dengan mengenakan pakaian adat yang luar biasa, ini bukan sekedar seremonial namun bagaimana kita bisa memberikan penghormatan kepada pahlawan pendahulu kita serta menyerap nilai-nilai luhur untuk kita terapkan dalam menjalankan tugas sehari-hari," pungkasnya. (Andy)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kalapas Mojokerto Gunakan Blangkon Pimpin Upacara Sumpah Pemuda ke-94

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT