Jumat, 03 Februari 2023
Peristiwa Nasional

Lima Hari Hilang, Nelayan Situbondo Ditemukan Selamat di Sulsel

profile
Sarwo

29 Desember 2022 09:32

838 dilihat
Lima Hari Hilang, Nelayan Situbondo Ditemukan Selamat di Sulsel
Tim SAR gabungan hentikan proses pencarian nelayan Mimbo yang dilaporkan hilang (SJP/Sarwo).

KABUPATEN SITUBONDO – Setelah lima hari dalam proses pencarian tim SAR gabungan seorang nelayan bernama Samsudin (47) warga Dusun Mimbo, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, ditemukan nelayan di Perairan Pulau Kapoposanbali, Kabupaten Pangkajene, Sulawesi Selatan, dalam keadaan selamat, proses pencarian dihentikan.

Sebelumnya Samsudin dilaporkan hilang sejak hari Jumat, tanggal 23 Desember 2022 lalu. Tim SAR gabungan pun memulai pencarian.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari,  personil Basarnas Jember, Polsek Banyuputih, Polairud Polres Situbondo, TNI AL Pos Kamla, BPBD Situbondo, Tagana, Koramil Banyuputih dan BP Pramuka serta masyarakat setempat.

Pencarian dilakukan pada beberapa titik diperairan Utara dan timur TN Baluran dengan menggunakan perahu karet, diantaranya menyisir disekitar perairan Utara Mimbo hingga Perairan Lempuyang.

"Setelah lima hari hingga Rabu petang 28 Desember 2022 kemarin, proses pencarian tidak membuahkan hasil. Karena kondisi sudah mulai gelap, proses pencarian hendak dilanjutkan hari ini," tutur Prahistadian, Koordinator Basarnas Jember, Kamis (29/12/2022) pagi.

Namun, pada hari Rabu malam 28 Desember 2022, pihaknya menerima laporan dari Sat Polairud Polres Situbondo, berdasarkan kabar dari nelayan kepulauan Kapoposanbali.

Nelayan tersebut melaporkan ada seorang nelayan yang mengaku dari Kabupaten Situbondo bersama perahunya terdampar diperairan kepulauan tersebut dalam keadaan selamat.

"Posisi nelayan tersebut, hingga saat ini masih dirumah salah satu warga setempat. Untuk proses pemulangan masih menunggu hingga kondisi cuaca benar benar baik," katanya.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan BPBD Sutubondo untuk berkomunikasi dengan pihak terkait dan keluarga korban agar segera menghubungi warga dan pemerintah desa di kepulauan Kapoposanbali, Sulawesi Selatan tersebut.

Lebih lanjut Prahistadian menyampaikan, untuk proses pencarian yang dilakukan tim SAR gabungan, sejak informasi tersebut diterima, pencarian dihentikan.

"Terima kasih kepada semua pihak dan warga setempat, yang telah berupaya melakukan pencarian terhadap nelayan dan perahunya yang dilaporkan hilang. Hari ini proses pencarian dihentikan,"ucap Prahistadian.

Diberitakan sebelumnya, seorang nelayan dilaporkan hilang di perairan Mimbo, Desa Sumberanyar, Banyuputih, Situbondo, bersama perahunya, Sabtu siang 24 Desember 2022 kemarin.

Nelayan yang diketahui bernama Samsudin (47) warga setempat awalnya berlayar dari pesisir pantai Mimbo menggunakan perahu jenis fiber untuk mencari ikan di sekitar perairan Utara Mimbo, pada Jumat pagi, 23 Desember 2022 pukul 04.00 WIB.

Biasanya korban pulang dan kembali kerumah pada sore harinya. Karena tidak kunjung pulang hingga Sabtu pagi 24 Desember 2022 keluarganya berusaha mencaritahu keberadaan. 

Sejak saat itu, pencarian telah dilakukan dengan menggunakan 3 perahu nelayan setempat. Namun hingga petang ini, pencarian belum membuahkan hasil, sehingga peristiwa tersebut dilaporkan ke Polsek Banyuputih dan diteruskan ke BPBD Situbondo.

Kapolsek Banyuputih, AKP Heru Purwanto mengatakan, jajarannya telah menerima informasi terkait seorang nelayan Mimbo yang diduga hilang kontak di perairan Karang Utara Mimbo.
 
"Setelah menerima laporan, selain mendatangi TKP, kami juga melaporkan ke BPBD Situbondo dan diteruskan ke TIM SAR Jember. Saat ini TNI Polri, bersama anggota BPBD, Tim SAR dan Tagana serta Satpolairud Polres Situbondo sudah dilokasi, guna untuk melakukan pencarian. Namun karena sudah malam dan kondisi gelap proses pencarian akan dilanjutkan besok pagi,"tutur AKP Heru Purwanto, Minggu (25/12/2022). (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Lima Hari Hilang, Nelayan Situbondo Ditemukan Selamat di Sulsel

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT