Minggu, 22 Mei 2022
Peristiwa Nasional

Menpan RB Tjahjo Kumolo Resmikan MPP Gajah Mada Kota Mojokerto

profile
Andy

22 Maret 2022 19:26

415 dilihat
Menpan RB Tjahjo Kumolo Resmikan MPP Gajah Mada Kota Mojokerto
Menpan RB Tjahjo Kumolo resmikan MPP Gajah Mada Kota Mojokerto. (Suara Jatim Post)

KOTA MOJOKERTO - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada, Kota Mojokerto, Selasa (22/03) siang.

MPP Gajah Mada ini mempunyai dua layanan unggulan yang baru pertama kali hadir di Indonesia, yakni Ruang Edukatif Telecenter Palapa, dimana masyarakat dapat memanfaatkan sarana teknologi yang disediakan seperti akses internet serta berbagai jenis pelatihan, diantaranya pelatihan Microsoft Office, web gratis, desain gratis, pembuatan toko online hingga video editing.

Kedua, Unit Layanan Disabilitas, dimana disabilitas dan lanjut usia akan didampingi  tenaga pendamping serta mendpatkan fasilitas khusus seperti lift, toilet, guiding block jalur landai dan parkir, yang semua diperuntukan khusus disabilitas.

MPP ke 55 di Indonesia dan ke 11 di Provinsi Jawa Timur ini bekerjasama dengan 20 instansi penyedia layanan guna menghadirkan 165 jenis pelayanan publik.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengucap syukur atas peresmian MPP Gajah Mada yang langsung dihadiri Menpan RB Tjahjo Kumolo.

"Alhamdulilah, hari ini kita bisa berada di sini untuk peresmian MPP Gajah Mada yang mana langsung dihadiri Menpan RB. Terima kasih atas kedatangannya di Bumi Majapahit ini," ungkap Ning Ita, sapaan akrab Wali Kota Mojokerto.

Lebih lanjut dikatakannya, semoga kolaborasi ini bisa terus belanjut dan berkembang untuk pelayanan publik di Kota Mojokerto. Setelah mendapatkan beberapa rekomendasi dari Deputi Pelayanan Diah Natalisa maka segera dikerjakan sehingga hari ini bisa diresmikan oleh Menpan RB.

"Pada waktu CPNS 2019 dan 2020 lalu, lantai empat MPP ini digunakan untuk ujian dari berbagai daerah lain. Mendatang, diharapkan MPP ini bisa menjadi ruang pamer sandal dan sepatu yang menjadi komoditi eksport sejak tahun 1995 hingga saat ini dan juga produk ekonomi kreatif serta UMKM lainnya," ungkapnya.

Sementara itu, Menpan RB Tjahjo Kumolo menyampaikan dengan hadirnya MPP Gajah Mada di Kota Mojokerto diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan layanan publik.

"Jadi ketika masyarakat masuk ke sini, semuanya bisa selesai karena layanannya satu atap. MPP ini adalah sebagai upaya meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamanan dan keamanan pelayanan seperti yang disampaikan Predien Ir Joko Widodo," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, seperti layaknya wartawan. Kalau dahulu setelah menliput harus ke kantor, lalu beritanya diketik, diedit baru dicetak atau tayang. Sekarang, baru selesai meliput acara langsung diketik dan dinaikkan, jadi jauh lebih mudah dan cepat.

"Oleh karena itu, yang paling penting adalah kemudahan dan kecepatan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan di MPP Gajah Mada ini," tandasnya.

Pada kesempatan tersebut juga, Menteri Tjahjo juga membubuhkan tanda tangannya di prasasti peresmian MPP Kota Mojokerto ini. Terletak di Jl. Gajah Mada No.100, Mergelo, Balongsari, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur, MPP Kota Mojokerto menyediakan 167 layanan dari 19 instansi pemerintahan, BUMN/D, maupun pihak swasta yang turut bergabung.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Staf Ahli Menteri PANRB bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kementerian PANRB Jufri Rahman, Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB M.

Hadir pula, Averrouce, Staf Khusus Menteri bidang Penanganan Radikalisme Tony Surya Putra, Staf Khusus Menteri bidang Pelayanan Publik dan Umum Saifudin Latief, Asisten Deputi Standardisasi Pelayanan Publik dan Pelayanan Inklusif Kementerian PANRB Noviana Andrina, Plt. Asisten Deputi Perumusan Sistem dan Strategi Kebijakan Pelayanan Publik Kementerian PANRB Aris Samson, serta jajaran Forkopimda Kota Mojokerto.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Menpan RB Tjahjo Kumolo Resmikan MPP Gajah Mada Kota Mojokerto

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT