Kamis, 09 Februari 2023
Peristiwa Nasional

Menteri ATR/BPN Lakukan Sidak Lokasi Warga Warjoyo Terkait Legalitas Tanah Temukan Solusi

profile
jefri

06 Januari 2023 07:15

1.5k dilihat
Menteri ATR/BPN Lakukan Sidak Lokasi Warga Warjoyo Terkait Legalitas Tanah Temukan Solusi
Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto didampingi Kepala Kantor Pertanahan Wilayah Jatim dan Kota Surabaya saat sidak lokasi sengketa alas hak tanah. (SJP)

SURABAYA – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto tinjau lokasi permasalah SKP (Sengketa, Konflik dan Perkara) terkait alas hak tanah dan bangunan sekaligus menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo, Kamis (05/01/2023).

Kunjungan kerja Mentri ATR/BPN, Hadi menyikapi dengan melakukan sidak dan peninjauan langsung lokasi yang dianggap menjadi permasalahan yang telah terjadi puluhan tahun lamanya.

Sebagai upaya memecahkan beberapa persoalan terkait hak atas tanah antara warga masyarakat dengan perusahaan atau dalam hal menyangkut Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Kami akan mencari solusi yang solutif dan terbaik, sehingga masyarakat bisa memiliki kepastian hukum," katanya.

Sesuai perintah presiden, lanjut dia, untuk melihat secara langsung lokasi yang berkonflik ataupun sengketa tanah antara masyarakat dengan pihak instansi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) segera terselesaikan ” kata Hadi, 

Tak hanya sekadar melaksanakan perintah presiden, sosok Menteri mantan panglima TNI ini juga sempatkan diri menyusuri beberapa rumah warga yang menempati petak bidang tanah yang berukuran 2×3 meter hingga 20 meter persegi berada di gang sempit dihuni sekitar 6000 KK dengan jumlah sekitar kurang lebih 15 ribu jiwa padat penduduk.

"Mudah-mudahan bisa segera selesai, ini perlu waktu dengan penyelesaian tepat dan kebijakan searah para pihak. Yang penting menteri sudah tahu permasalahan di sini sehingga saya bisa laporkan kondisinya ke Pak Presiden,” tuturnya.

Turut mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN; serta Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur beserta beberapa jajaran Kepala Kantor Pertanahan. 

Sementara ketua forum perkumpulan warga Warjoyo, Sudjarwo yang juga tokoh penggerak warga masyarakat dalam perjuangkan hak legalitas dengan kepastian hukum mengaku senang dan menyambut kedatangan menteri ATR/BPN RI.

Mereka berharap segera selesai, lantaran menyangkut hajat hidup nasib ribuan warga sudah turun temurun menghuni rumah berpuluh tahun lamanya.

"Kedatangan bapak Menteri hari ini kami berharap dapat memberikan secercah harapan berupa legalitas sertifikat hak guna bangun dan sertifikat hak milik sesuai dengan Undang-Undang pokok agraria segera tuntas dan terwujud melalui arahan kebijakan satu peta bidang tanah," jelasnya.

Sebab, lanjut Sudjarwo secara historis lokasi Warjoyo dengan reaksi perjuangan warga mempertahankan rumah hunian tempat tinggal warga Warjoyo terdiri dari 2 RW, 21 RT dengan jumlah ±4000 KK (Kepala Keluarga).

Serta dihuni dari ±15000 jiwa menempati area wilayah Waringin, Bumiarjo dan Joyoboyo (Warjoyo) melawan perwakilan PT KAI sekitar terjadi pada tahun 2015-2016.

Dan ini, sambung Sudjarwo sempat dinyatakan dan tercatat belum memiliki legalitas yang sah.

Untuk itu, pada (13/2022) sempat ada kunjungan kerja spesifik dengan Komisi II DPR RI dengan pihak Kanwil (Kantor Wikayah) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jatim beserta seluruh Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) BPN Kabupaten/Kota se Jawa Timur.

Menyatakan lokasi Warjoyo sudah teridentifikasi masuk daftar inventarisasi masalah (DIM) melalui Panja (Panitia Kerja) menjadi permasalahan negara oleh Kantah Kota Surabaya I tanggal 15 September 2021.(Jefri Yulianto)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Menteri ATR/BPN Lakukan Sidak Lokasi Warga Warjoyo Terkait Legalitas Tanah Temukan Solusi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT