Rabu, 07 Desember 2022
Peristiwa Nasional

Mobilitas Tinggi, BPBD Batu Butuh Tambahan Dana Tiap Tahun

profile
Doi

04 Oktober 2022 18:55

576 dilihat
Mobilitas Tinggi, BPBD Batu Butuh Tambahan Dana Tiap Tahun
Plot APBD untuk BPBD Kota Batu selalu kurang setiap tahunnya. (SJP)

KOTA BATU – Setiap akhir tahun, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu selalu kekurangan dana yang telah digelontorkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Tingginya mobilitas BPBD dalam upaya penanggulangan dan penanganan bencana begitu tinggi, sehingga anggaran yang diserap selalu habis sebelum akhir tahun.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim membenarkan kabar tersebut ketika dikonfirmasi oleh awak media. 

"Kami mendapatkan Rp 7 miliar tahun ini. Namun anggaran untuk penanganan darurat dan pasca bencana hanya di plot Rp 2 miliar serta sudah habis Juni lalu," katanya pada Selasa (4/10/2022).

Rochim memaparkan rincian yang menyebutkan, tiap tahun anggaran untuk BPBD cenderung stagnan yakni sejak 2019, 2021, dan 2022 diangkat Rp 7 miliar. 

Hanya saja, lanjut Rochim, untuk 2020 pihaknya mendapat anggaran lebih besar karena menangani pandemi covid-19 sehingga mendapatkan Rp 9 miliar dengan plot penanganan darurat dan pasca bencana sebesar Rp 3 miliar.

Sedangkan untuk tahun 2022 ini, plot anggaran BPBD Kota Batu habis setelah ikut menangani wabah Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) yang menyerang hewan ternak. 

"Tapi sudah diberikan tambahan di PAK sekitar Rp 500 juta. Dan kalau masih kurang akan diambilkan dari Belanja Tidak Terduga (BTT) sekitar Rp 15 miliar," imbuhnya.

Setidaknya, masih kata Rochim,  pihak BPBD bisa mendapatkan tambahan anggaran agar bisa melayani secara maksimal apabila terjadi kebencanaan. 

"Kalau rekomendasi dari pusat, setidaknya anggatan untuk BPBD diambilkan 2 persen dari APBD atau sekitar Rp 20 miliar karena APBD Batu sekitar Rp 1 triliun. Tapi untuk Kota Batu sendiri setidaknya Rp 10 miliar sudah cukup ideal," tandasnya.

Mendatang, Rochim berharap, dana yang digelontorkan untuk BPBD Kota Batu bisa disesuaikan dengan mobilitas untuk penanggulangan dan penanganan bencana yang begitu aktif. (Doi Nuri)

Editor: Redaksi 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Mobilitas Tinggi, BPBD Batu Butuh Tambahan Dana Tiap Tahun

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT