Kamis, 09 Februari 2023
Peristiwa Nasional

Odol Tetap Jadi Masalah Utama, Warga Pilih Pasang Bangku di Jalan Raya Jember

profile
Rochul

25 Oktober 2022 14:42

841 dilihat
Odol Tetap Jadi Masalah Utama, Warga Pilih Pasang Bangku di Jalan Raya Jember
Jalan Raya Jember-Lumajang Tepatnya Dijalan Krakatau Kencong. (SJP)

JEMBER – Lagi dan lagi Masyarakat Jember bagian selatan harus geram dan harus mengambil langkah frontal.Salah satunya akibat jalan provinsi jember-Lumajang yang rusak dibeberapa sisi. Salah satunya yaitu jalan Krakatau Kecamatan kencong.

Warga yang sudah geram, agar tidak terjadi kecelakaan lagi di area ruas jalan tersebut, harus mengambil langkah memasang bangku atau tempat duduk dari kayu, yang sengaja di pasang warga tepat dimana jalan rusak tersebut terlihat.

Hal itu dilakukan masyarakat sekitar, agar pengendara juga berhati-hati dan untuk mempertegas jika kawasan jalan raya tersebut banyak muatan berlebih alias ODOL,(Over Dimensi Over Loading) yang lalu lalang setiap hari.

Diketahui, jumlah ODOL yang melintas tidak hanya puluhan, namun ratusan, dengan kapasitas muatan yang bisa menghancur leburkan jalan mesti di benahi atau di tambal sulam hingga ribuan kali.

"Kemarin sore saya tahunya dipasang warga sekitar pak, lha jalan nya rusak jika tidak  beri rambu rambu mau berapa nyawa lagi melayang akibat jalan rusak," Kata Ahmad Sirojudin, Selasa,(25/10/2022).

Ditanya lebih lanjut, apakah rusaknya jalan ini akibat muatan berlebih, dirinya pun tanpa basa basi menyampaikan.


"Jelas lah mas, sampean bisa lihat sendiri berapa ratus truk muatan berlebih melintas, belum juga yang kadang tidak punya aturan ketika membawa kendaraan besar sambil ngebut," Keluhnya.

Perlu diketahui, jika menurut informasi yang jelas beberapa bulan lalu dan jadi wacana Dishub provinsi terkait muatan berlebih atau ODOL per tahun 2023 tidak diperbolehkan melintas lagi.

Namun, beberapa narasumber masyarakat akhirnya berasumsi dengan dibangunan dan dibenahinya jalan sepanjang 8,5 KM sepanjang kecamatan Puger hingga Jombang itu, setelah jalan dibenahi, ODOL di kawasan Jember Selatan lenggang kangkung tanpa ada regulasi hukum yang jelas.

Terlebih, pembangunan jalan yang menelan biaya puluhan milyar tersebut dianggap tidak mendapatkan pemerintah. (Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Odol Tetap Jadi Masalah Utama, Warga Pilih Pasang Bangku di Jalan Raya Jember

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT