Kamis, 06 Oktober 2022
Peristiwa Nasional

Ombak Tinggi, UPT P3 Jatim Imbau Nelayan Puger Hati Hati 3 Hari Mendatang

profile
Rochul

23 September 2022 10:19

624 dilihat
Ombak Tinggi, UPT P3 Jatim Imbau Nelayan Puger Hati Hati 3 Hari Mendatang
Pelabuhan Perikanan Pantai Puger Jember Jawa Timur. (SJP)

JEMBER – UPT Pelabuhan perikanan pantai Jawa timur di Kecamatan Puger Imbau Nelayan hati hati saat hendak melaut dimulai hari ini.

Menurut Informasi BMKG, untuk ombak kisaran bisa mencapai 4 meter dalam waktu waktu yang tidak terduga, dan hal itu juga tidak hanya menerjang pinggir namun juga agak tengah arus bawah laut juga deras.

Dengan kondisi demikian , Imbauan tersebut disampaikan langsung kepada ribuan nelayan, selain melalui papan pengumuman yang ditempel di depan kantor UPT perikanan juga di lakukan dengan cara share link ke grup para nelayan akan peristiwa ombak tinggi tersebut.


Menurut Juniadi Prayetno salah satu pegawai UPT perikanan perikanan Pantai Jawa Timur saat ditemui di kantornya yang berada di kawasan tempat pelelangan ikan Puger menyampaikan.

"Iya mas, mulai hari ini Jum'at - Minggu Ombak tinggi di perairan bagian selatan, kami sudah cek di BMKG kisaran antara 2-4 meter dan dengan hal itu kami petugas langsung memberikan info agar nelayan hati hati melaut atau mending jangan melaut dulu karena kondisi cuaca seperti ini," Kata Juniadi Prayetno, Jum'at,(23/9/2022)


Tidak hanya itu saja, dirinya juga menjelaskan jika pihaknya juga memberikan imbauan melalui pesan singkat WhatsApp kepada para ribuan nelayan.

"Kami share informasi tersebut kepada masyarakat nelayan melalui aplikasi, agar nelayan selain dapat imbauan langsung juga berhati hati," terangnya.

Sementara itu, Sofia salah satu pedagang ikan tempat pelelangan Puger mengaku kondisi saat ini ikan mahal, jenis tongkol dan lainya meningkat hingga 50 persen, tidak seperti biasanya.


"Harga jenis ikan Plagis,(ikan permukaan) seperti tongkol dan lemuru ukuran lengan dewasa sampai 35 ribu rupiah per  ekor, biasanya cuma 15 ribu rupiah, dan hal itu juga di ikuti juga dengan harga ikan jenis Demersal,(Ikan dasar) seperti ikan kakap dan juga kerapu, sangat mahal," terangnya.

Sementara itu, Sofia mengatakan jika kondisi pembeli saat ini juga sepi, karena selain ombak tinggi juga kondisi Padang bulan dan ikan sulit ditangkap oleh nelayan.

Ditempat yang sama, salah satu nelayan Puger bermana Catur Arum menyikapi ombak tinggi dikawasan Puger dirinya menyampaikan jika dirinya tidak melaut dulu.

"Ombak tinggi saya mending tidak melaut dulu, dan apalagi sekarang kondisi sinar bulan sangat terang, ikan sulit ditangkap karena nelayan harus memakai obor yang bersinar terang dan itu juga kendala bagi kami nelayan lokal," ungkapnya.(Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ombak Tinggi, UPT P3 Jatim Imbau Nelayan Puger Hati Hati 3 Hari Mendatang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT