Kamis, 09 Februari 2023
Peristiwa Nasional

Pelaku Tendang Siswa Sampai Tewas Ditahan, Polisi Juga Datangkan Psikiater

profile
Rochul

26 Agustus 2022 18:20

578 dilihat
Pelaku Tendang Siswa Sampai Tewas Ditahan, Polisi Juga Datangkan Psikiater
Press Rilis Polres Jember. (SJP)

JEMBER - Tragedi kasus siswa SMK Negeri 2 Jember yang menendang temannya di sekolah berlanjut pada proses hukum.

Pelaku yang sudah ditetapkan tersangka, kini menjalani proses hukum dan ditahan untuk sementara di Mapolres Jember.

Namun mengingat pelaku berinisial MRR (16) warga Kecamatan Sumbersari masih dibawah umur, Kapolres Jember, AKBP Hery Purnomo mengatakan, pelaku ditahan terpisah dari tahanan lainnya di Mapolres Jember.

Selain itu, dalam proses penyidikan. Polisi juga mendatangkan psikiater untuk memeriksa kondisi psikologis pelaku untuk saat ini.

“Karena berkaitan tentang anak, proses hukum berbeda. Dari awal kita libatkan DP3AKB untuk bisa melakukan pendampingan dan pemeriksaan. Baik dari guru atau orang tua sendiri. Selain itu, kita juga koordinasi dengan Bapas melakukan bimbingan dan pendampingan pelaku,” kata Hery saat konferensi pers di Mapolres Jember, Jumat (26/8/2022).

Untuk melancarkan proses pemeriksaan dan penyidikan polisi, lanjutnya, pelaku sudah diamankan di Mapolres Jember.

“Untuk pelaku sudah kita tahan dan kita pisahkan dari tahanan lainnya. Mengingat pelaku masih di bawah umur,” katanya.

Lebih lanjut Hery menyampaikan, terkait proses pemeriksaan dan penyidikan. Polisi juga melakukan koordinasi dengan psikolog.

“Untuk memberikan konseling. Bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologis pelaku karena yang bersangkutan juga masih anak-anak,” katanya.

Hery juga menambahkan, belajar dari kasus kekerasan yang berujung pada kematian siswa di SMK Negeri 2 Jember. Hery menyampaikan, bahwa pihaknya melibatkan pihak sekolah untuk memberikan edukasi dan pemahaman bagaiman menghindari tindakan kekerasan di sekolah.

“Kita juga libatkan pihak Sekolah khususnya guru BK. Untuk bisa memberikan bimbingan kepada anak didiknya. Mengingat saat pelaku mencari korban di kantin sekolah. Banyak teman-temannya yang sudah tahu, bahwa korban punya masalah dengan pelaku. Sehingga terjadi kejadian yang dialami korban,” ucapnya.

“Dari kejadian ini jangan sampai terulang di lain waktu,” sambungnya.

Terkait proses hukum, Hery menyampaikan pelaku kasus kekerasan terancam Pasal 80 ayat 3 UU nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

“Dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara. Kemudian kita segera menyelesaikan berkasnya, agar ada kepastian hukum terhadap yang bersangkutan,” terangnya. (Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pelaku Tendang Siswa Sampai Tewas Ditahan, Polisi Juga Datangkan Psikiater

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT