Minggu, 22 Mei 2022
Peristiwa Nasional

Perhelatan Mojotirto Festival 2022 Jadi Kebangkitan Ekonomi dan Pariwisata di Kota Mojokerto

profile
Andy

22 Maret 2022 18:34

416 dilihat
Perhelatan Mojotirto Festival 2022 Jadi Kebangkitan Ekonomi dan Pariwisata di Kota Mojokerto
Forkopimda Kota Mojokerto saat menabur benih ikan di Sungai Ngotok

MOJOKERTO - Peringati Hari Air Sedunia, Pemkot Mojokerto kembali menghelat Mojotirto Festival, Selasa (22/3/2022) pagi.

Mengusung tajuk Umbul Dungo Mojotirto Festival 2022 ini digelar di bawah Jembatan Rejoto, tepatnya di bantaran Sungai Ngotok.

Beberapa pagelaran seni dan tari memeriahkan Mojotirto Festival 2022. Mulai dari kirab budaya yang menampilkan penari putri kusumo, prajurit bregodo, dan prajurit masyarakat.

Tak hanya itu, Tari Bedoyo, permainan tradisional, liang liong ikan serta Tari Jurit Sand juga menjadi kolaborasi berbagai budaya yang menjadi ciri khas Kota Mojokerto.

Belum lagi, adanya pagelaran permainan tradisional seperti dakon, lompat tali, sonda yang melibatkan banyak siswa-siswi sekolah, tentunya menjadi daya tarik sendiri bagai pariwisata Kota yang terkenal dengan onde-ondenya.

Ning Ita saat mencoba permainan tradisional engklek

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari menyebutkan festival tahunan ini kembali dihelat sebagai bentuk ucapan syukur masyarakat Kota Mojokerto.

Kota terkecil nomor dua yang dialiri 3 sungai ini, mulai Sungai Ngotok, Sungai Sadar, dan Sungai Brantas selama ini tidak memiliki bencana alam berarti akibat luapan sungai.

"Kami selalu memiliki air sepanjang tahun dan Kota Mojokerto tidak pernah mengalami banjir akibat meluapnya sungai-sungai yang melintasi Kota kami. Maka, rasa syukur itu kami wujudkan dalam bentuk penyatuan, kolaborasi, sinergi, seluruh elemen masyarakat untuk menyelenggarakan festival Mojotirto," ungkap Wali Kota yang akrab disapa Ning Ita.

Selain itu, Ning Ita mengatakan, pihaknya telah menanam puluhan ribu pohon jeruk di sepanjang bantaran sungai Ngotok.

"Kami telah menanam 11 ribu pohon jeruk. Insyaallah dalam 1 tahun mendatang pohon jeruk ini akan siap panen dan akan dinikmati sebagai wisata agro Kota Mojokerto," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Deputi Bidang Pelayanan Kemenpan RB Diah Natalisa mengharapkan festival Mojotirto ini dapat selalu menjadi daya tarik wisatawan.

"Semoga dengan adanya festival Mojotirto yang diselenggarakan tiap tahun ini bisa menjadi daya tarik wisatawan sehingga bisa memberikan efek domino bagi kebangkitan ekonomi masyarakat Kota Mojokerto.

Dalam rangkaian festival, dilakukan pula penebaran benih ikan dalam menjaga ekosistem sungai.

Liong-liong Ikan

Akulturasi Budaya

Pagelaran liong-liong ikan ini cukup menarik karena menjadi bagian dari akulturasi budaya masyarakat Kota Mojokerto.

"Ini bagian dari akulturasi budaya, kita ketahui bersama di Kota Mojokerto ini ada klenteng Hoek Sian Kiong yang didirikan pada tahun 1893. Itu menunjukkan bahwa di Kota ini telah terjadi penyatuan budaya dari berbagai etnis," jelas Ning Ita.

Ning Ita juga menyebutkan, kultur masyarakat yang menjadi kolaborasi berbagai etnis dan budaya di Kota Mojokerto merupakan aset yang berharga.

"Ini adalah sebuah aset yang berharga, dari 6 pemeluk agama yang ada di Kota Mojokerto semuanya hidup rukun berdampingan. Oleh karena kerukunan inilah, kami berhasil menyabet Harmony Award pada tahun 2020 lalu," ucapnya saat hadir di Festival Umbul Dungo Mojotirto 2022. (Andy Yuwono)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Perhelatan Mojotirto Festival 2022 Jadi Kebangkitan Ekonomi dan Pariwisata di Kota Mojokerto

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT