Kamis, 11 Agustus 2022
Peristiwa Nasional

PMK Jangkit Sapi, Harga Kambing Jelang Lebaran Qurban Melejit di Jember

profile
Rochul

29 Juni 2022 17:22

597 dilihat
PMK Jangkit Sapi, Harga Kambing Jelang Lebaran Qurban Melejit di Jember
Kandang Ternak Kambing Dewa Farm Yang Berada Di Dusun Kecik Desa Keting kecamatan Jombang. (SJP)

JEMBER – Indonesia hingga sekarang ini lagi dilanda musibah Virus yang menyerang ternak, terutama sapi.

Beberapa sapi yang terserang penyakit mulut dan kuku (PMK) kadang tidak bertahan lama dan jika perawatan dan pengobatan kurang bagus dipastikan ternak yang di pelihara Masyarakat akan mati mendadak.

Dari penyakit tersebut mengakibatkan hancurnya harga sapi dan juga daging yang biasanya satu ekor sapi dewasa harga tembus 30 juta per ekor kini hanya dihargai sekitar 10-15 juta per ekor itupun yang mau beli juga jarang.

Selain sapi hidup yang harganya hancur, daging yang siap di konsumsi juga mengalami penurunan drastis, kadang hanya di hargai 25 ribu per kilo gram namun itupun jarang laku dan masyarakat cenderung takut mengkonsumsi.

Dari situlah akhirnya harga kambing jelang lebaran hari raya Qurban meningkat tajam, kenaikan bisa tembus 20 persen dan hal itu juga di ikuti dengan kenaikan harga kambing yang semula 3 juta kini bisa harga 3,5 juta per ekor dengan bobot kambing 30-40 KG.


Hal tersebut di ungkapkan pemilik peternakan Dewa Farm yang berada di Dusun Kecik, desa keting kecamatan Jombang Jember.

Pemilik peternakan bernama Dewandaru dengan luas lahan 8 Meter lebar dan panjang 35 meter yang dihuni 200 kambing siap jual tersebut mengaku jika saat ini harga kambing cukup meningkat tajam, dan apalagi jelang lebaran Qurban.

Para pembeli yang tidak hanya dari lokalan kabupaten Jember saja itupun banyak yang sudah pesan jauh jauh hari dan ketika lebaran akan diambil oleh pembeli.

"Peningkatan 20 persen, dan lebaran Qurban ini harga kambing sangat melejit dan jadi rebutan masyarakat yang hendak melaksanakan lebaran idul adha yang sebentar lagi tiba," kata Dewandaru, pemilik peternakan Dewa Farm saat ditemui dilokasi, Rabu,(29/6/2022).

Ditanya lebih jauh perihal penyakit PMK dan harga kambing saat ini, Dewandaru menyampaikan jika kambing yang ia ternak tidak pernah sama sekali terjangkit dan aman.

"Aman mas kalau kambing, saya ke pasar hewan sekarang para pedagang ternak mencari kambing, harga nya memang mahal sekarang, namun masyarakat yang hendak ber qurban tetap membeli karena Jika mereka beli sapi takut penyakit PMK," terangnya.

Lebih lanjut Dewandaru mengatakan, jika harga kambing dengan bobot 30-40 KG sekarang bisa tembus 3-4 juta per ekor, itupun tergantung jenis dan kondisi perawatan kambing yang bersih dan bagus juga.(Lum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

PMK Jangkit Sapi, Harga Kambing Jelang Lebaran Qurban Melejit di Jember

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT