Jumat, 07 Oktober 2022
Peristiwa Nasional

Polisi Amankan 2 Pelaku Peracik Bahan Peledak

profile
Rochul

18 April 2022 16:50

326 dilihat
Polisi Amankan 2 Pelaku Peracik Bahan Peledak
Unit Jibom saat lakukan pemusnahan bahan peledak

JEMBER - Terkait proses pemusnahan bahan peledak jenis petasan di Lapangan Tembak Lingkungan Polres Jember, Kecamatan Sumbersari. 

Kasat Reskrim Polres Jember, AKP Dika Hadiyan Widya Wiratama mengatakan, sudah mengamankan dua orang terduga pelaku yakni yang berada di wilayah Kecamatan Mumbulsari dan Kecamatan Tanggul.

Dua orang terduga pelaku itu diduga sebagai peracik serta pembuat petasan, dan kemudian menjualnya ke masyarakat ketika bulan ramadan tiba.

"Kami amankan dua orang terduga pelaku, yakni warga Mumbulsari berinisial M umur 38 tahun, dan warga Kecamatan Tanggul NH umur 47 tahun," kata Dika di Mapolres Jember, Senin (18/4/2022).

Dari tangan pelaku, kata Dika, polisi berhasil mengamankan kurang lebih 31 Kg bahan peledak. 

Diantaranya 1 Kg Brown obat mercon; 17 Kg potasium; 12 Kg bubuk mercon; 1 Kg belerang; dan 5 bungkus obat sumbu.

Sehingga akibat perbuatannya, terduga pelaku terancam dengan Pasal 1 ayat 1 UU Darurat Tahun 1951 tentang senjata api, amunisi, bahan peledak, senjata tajam, dan senjata pemukul.

"Ancaman selama-lamanya 20 tahun penjara," tegasnya.

Lebih lanjut Dika menyampaikan, terkait terungkapnya kasus bahan peledak bahan pembuat petasan itu. Berawal dari laporan warga 

"Yang mengaku resah dengan bunyi petasan saat beribadah puasa. Sehingga dilanjutkan dengan razia kami ke wilayah. Kemudian sampai pada penjual dan pembuat mercon tersebut. Yang memang bahan-bahan tersebut, sengaja untuk membuat mercon (petasan, red)," terangnya.

"Untuk asal bahan mercon ini dari luar kota. Masih kita lakukan pengembangan. Karena di semua wilayah Jawa Timur melakukan giat yang sama (berantas petasan)," imbuhnya.


Selain itu, kasat Reskrim polres Jember juga menyampaikan jika hasil dari ungkap tersebut pihaknya berkoordinasi dengan tim Gegana Jibom Polda Jatim untuk melakukan pemusnahan.

"Bahan bukti dimusnahkan karena dikhawatirkan mengakibatkan ledakan. Upaya ini demi keamanan, baik penyimpanan maupun pemusnahan. Saat disposal aset sesuai arahan bapak Kapolres Jember. Kita berkoordinasi dengan Unit Jibom Polda Jatim dilakukan pemusnahan," terangnya.(Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Polisi Amankan 2 Pelaku Peracik Bahan Peledak

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT