Selasa, 27 September 2022
Peristiwa Nasional

Praktik Rentenir Berkedok Koperasi di Kota Batu

profile
Doi

17 Agustus 2022 17:13

540 dilihat
Praktik Rentenir Berkedok Koperasi di Kota Batu
Ilustrasi koperasi. (SJP)

KOTA BATU – Berkedok koperasi, Bangun Jaya Bersama drop pinjaman dengan bunga diatas 6% tidak sesuai dengan regulasi koperasi. Hal tersebut diketahui setelah pengakuan LP (26) warga Desa Junrejo, Kota Batu.

LP menerangkan, untuk peminjaman uang sebesar Rp 1.500.000 nasabah hanya menerima Rp 1.005. 000 dengan langsung dipotong angsuran pertama.

Dia mengatakan, untuk meminjam uang dari Bangun Jaya Bersama, dirinya tidak perlu menjadi anggota. 

"Tidak perlu menjadi anggota, cukup dengan KTP dan KK saja," ungkap dia kepada suarajatimpost.com pada Rabu (17/8/2022).

Anehnya, LP tidak mengetahui alamat pasti kantor Bangun Jaya sebab hanya menerima satu lembar kertas sebagai monitoring cicilan.

"Petugasnya hanya bilang jika kantornya ada di Sulfat, Kota Malang," imbuhnya.

Bukan hanya itu, LP mengaku jika dirinya tidak memiliki simpanan atau tabungan di Bangun Jaya namun bisa meminjam uang, meski dengan bunga tinggi.

Mendengar kabar terkait praktik rentenir berkedok koperasi ini, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda), Ir Parkidi memastikan akan melakukan monitoring.

"Koperasi itu harus memiliki badan hukum dan izin. Jika praktiknya seperti itu, hanya sekadar numpang nama koperasi," kata dia.

Selanjutnya, Parkidi akan memastikan keberadaan kantor Bangun Jaya yang dalam usahanya mengklaim sebagai koperasi.

Sebagai informasi, Besaran bunga pinjaman koperasi simpan pinjam (KSP) bervariasi, ada yang mematok bunga sebesar 7 persen per tahun, 8,5 persen per tahun, ataupun 20 persen per tahun. Semua tergantung dari jenis pinjaman yang diambil.

Seperti yang sudah disinggung di atas, seseorang yang hendak mengajukan pinjaman di KSP harus terlebih dahulu terdaftar sebagai anggota koperasi.

Dengan kata lain, seorang yang mau ajukan pinjaman menyetor dana sesuai ketentuan sebagai bentuk simpanan atau investasi.

Besaran bunga simpanan di koperasi simpan pinjam juga cukup menarik. KSP menawarkan bunga simpanan mulai dari 2 persen per tahun hingga 8 persen per tahun, tergantung dari tenor penyimpanannya.

Selain menjadi anggota koperasi, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar bisa mengajukan pinjaman. Syarat-syarat ini bersifat administratif. (Doi Nuri)

Editor: Redaksi 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Praktik Rentenir Berkedok Koperasi di Kota Batu

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT