Selasa, 27 September 2022
Peristiwa Nasional

Puluhan Perahu Layar Adu Cepat di Selat Bali, Peringati HUT TNI AL ke-77 di Banyuwangi 

profile
Ikhwan

07 September 2022 16:42

330 dilihat
Puluhan Perahu Layar Adu Cepat di Selat Bali, Peringati HUT TNI AL ke-77 di Banyuwangi 
Kompetisi perahu layar di selat bali

BANYUWANGI - Puluhan nelayan dari berbagai daerah mengikuti kompetisi perahu layar di Selat Bali.

Sebanyak 77 perahu layar berjajar di bibir Pantai Bulusan, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Rabu (7/9/2022).

Para peserta itu mempersiapkan diri dan perahunya untuk beradu kecepetan dan kepiawaian mengoperasikan perahu layar guna memperebutkan piala Danlanal Cup.

Ya, kompetisi itu dihelat oleh Lanal Banyuwangi dalam rangka peringatan HUT TNI AL ke-77, Rabu (7/9/2022).

Danlanal Banyuwangi Letkol (P) Laut Ansori mengatakan kompetisi itu diikuti oleh 77 peserta dari Jember, Probolinggo bahkan juga ada dari Gilimanuk.

Lomba sebagai bentuk dukungan kepada para nelayan agar tetap antusias dalam melestarikan budaya yang menjadi ciri khas Indonesia sebagai negara maritim.

"Sebetulnya bisa 100 tapi ini kita ada 77 dulu, event-event berikutnya akan kita helat lebih meriah lagi," kata Letkol Ansori.

Dalam peringatan HUT tahun ini, lanjut Ansori, dimaknai dengan cara berbeda. Dimana secara serentak di 77 titik laut, angkatan laut melakukan gerakan laut bersih bebas limbah dan sampah.

"Pesan pimpinan pembersihan tidak hanya momen tertentu saja, tapi kalau bisa setiap hari. Ini bagian dari komitmen AL karena kita di laut, juga wajib menjaga kelestariannya. Sesuai semboyan Jeles Veva Jayamahe yang artinya justru di laut kita jaya," ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah, mengatakan gerakan laut bersih harus terus dirong-rong setiap waktu.

Penting dilakukan, karena bagi Sugirah tak sedikit masyarakat di Indonesia khususnya Banyuwangi yang penghasilannya bergantung pada hasil laut.

"Ketika ekosistem ini bagus maka ekonomi bagi masyarakat itu juga akan berjalan dengan baik," tegas pria yang akrab disapa Pakde Sugirah.

Mengenai kompetisi perahu layar, Sugirah juga melirik potensi untuk bisa dimasukkan dalam agenda wisata di Bumi Blambangan.

"Karena ini menarik dan berpotensi menghadirkan banyak wisatawan lokal maupun asing. Jelas ini bagus untuk mengungkit perekonomian masyarakat," tandasnya.

Editor : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Puluhan Perahu Layar Adu Cepat di Selat Bali, Peringati HUT TNI AL ke-77 di Banyuwangi 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT