Selasa, 28 Juni 2022
Peristiwa Nasional

Rekonstruksi Laka Tunggal Bus PO Ardiansyah, Mabes Polri Turunkan Traffic Accident Analysis

profile
Andy

17 Mei 2022 13:03

470 dilihat
Rekonstruksi Laka Tunggal Bus PO Ardiansyah, Mabes Polri Turunkan Traffic Accident Analysis
Dubditlaka Ditgakum Korlantas Polri saat melakukan Traffic Accident Analysis (TAA) di Tol Sumo KM 712+400.

KOTA MOJOKERTO - Dalam rangka merekonstruksi kecelakaan tunggal bus PO Ardiansyah, Mabes Polri menurunkan tim untuk melakukan Traffic Accident Analysis (TAA), Selasa (17/5/2022) pagi.

Traffic Accident Analysis (TAA) merupakan sebuah metoda yang dapat digunakan untuk menjelaskan kejadian perkara laka lantas dengan cara merekam TKP, sehingga menghasilkan rekaman berupa foto atau video, yang dapat digunakan untuk merekonstruksi kejadian sebelum, sesaat dan setelah terjadinya laka lantas.

Kasihpullahjianta Dubditlaka Ditgakum Korlantas Polri yaitu AKBP Hendra Wahyudi menyampaikan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan penyidik di jajaran Polda Jatim.

"Kami menurunkan tim TAA ini untuk memberikan gambaran sebelum, saat dan sesudah kejadian. Yang kami lakukan saat ini untuk mengecek tempat kejadian perkara (tkp). Untuk pengambilan gambar ada di tiga titik, yakni 100 meter sebelum kejadian, titik kejadian dan sesudah kejadian," ungkap AKBP Hendra Wahyudi.

Lebih lanjut dikatakannya, jadi pihaknya mengambil beberapa titik menggunakan alat 3D Scanner dari Korlantas Polri dengan Dirlantas Polda Jatim. Untuk bekas pengereman serta bukti-bukti lain termasuk keterang saksi di lokasi ataupun penumpang bus, pihaknya akan kumpulkan, yang selanjutnya akan dikoordinasikan dengan Dirlantas.

Kasihpullahjianta Dubditlaka Ditgakum Korlantas Polri yaitu AKBP Hendra Wahyudi saat diwawancarai awak media

"Sedangkan untuk kecepatan bus sesaat sebelum menabrak atau yang terakhir, kami akan melakukan koordinasi dengan jajaran Satlantas Polres Mojokerto Kota, termasuk juga dengan CCTV yang terpasang di jalan tol Surabaya - Mojokerto," tandasnya.

Sementara itu, Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Latif Usman menyebutkan pengemudi cadangan yang bernama Ade Firmansyah (29) terindikasi kuat mengonsumsi Amphetamine.

"Kemarian kita sudah memeriksa pengemudi menggunakan test kit narkoba. Terindikasi kuat pengemudi menggunakan Amphetamine, sejenis Sabu," jelas Latif.

Lebih lanjut dikatakan Latif, pihaknya akan melakukan pendalama dengan mengirim sample darah dan urin pengemudi cadangan untuk memastikan ada tidaknya kandungan Amphetamine sesuai tes awal tersebut.

"Pengemudi cadangan AF ini menggantikan Ahmad Adi Ardiyanti (31) yang merupakan sopir utama bus Ardiansyah itu di Rest Area KM 695 yang berjarak sekitar 17 kilometer dari lokasi kecelakaan," pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Rekonstruksi Laka Tunggal Bus PO Ardiansyah, Mabes Polri Turunkan Traffic Accident Analysis

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT