Jumat, 20 Mei 2022
Peristiwa Nasional

Saat Lebaran, Bupati Mojokerto Ikfina Instruksikan Camat Selalu Siaga

profile
Andy

30 April 2022 15:41

364 dilihat
Saat Lebaran, Bupati Mojokerto Ikfina Instruksikan Camat Selalu Siaga
Bupati Mojokerto dr Ikfina Fahmawati saat menyampaikan kesiapan dalam menghadapi mudik lebaran 2022.

MOJOKERTO - Saat Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Bupati Mojokerto dr Ikfina Fahmawati instruksikan agar Camat selalu siap siaga.

Ini disampaikan dalam temu wicara Bupati Mojokerto dengan awak media yang digelar di Pendopo Graha Tama, Sabtu (30/4/2022) pagi.

"Kalau Kapolsek serta Danramil siaga, maka Camat pun saya instruksikan agar siaga, selalu ada di tempat. Tiga pilar yang ada di tengah-tengah masyarakat harus siap siaga, saya juga nanti tidak ke mana-mana hanya ke makan saja," ungkap dr Ikfina Fahmawati.

Lebih lanjut dikatakannya, Dinas Kesehatan juga sudah inspeksi kesiapan mobil ambulans. Mulai dari mobilnya harus bisa jalan, pengemudi hingga bahan bakarnya harus siap. Jangan sampai nanti ada yang darurat, kelabakan karena tidak siap.

"Sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri nomor 003/3319/SJ tentang Hala Bi Halal, karena Kabupaten Mojokerto sudah memasuki level 1 maka diizinkan 100 persen dari kapasitas tempat. Jika jumlah orang yang Halal Bi Halal diatas 100 orang, makanan minuman disediakan dalam kemasan yang bisa dibawa pulang dan tidak diperbolehkan ada makanan/ minuman yang disajikan di tempat (prasmanan)," jelas Bupati Ikfina.

Menurut Ikfina, slogan mudik 2022 ini adalah mudik aman dan sehat. Pentingnya menjaga keamanan dan kesehatan agar ketika setelah lebaran tidak ada lonjakan kenaikan Covid-19, karena sesuai dengan keterangan Gubernur Khofifah jika dalam enam bulan mendatang, kondisi sebaran Covid-19 cenderung landai seperti ini maka Presidn Ir Joko Widodo mulai mengubah status Indonesia dari Pandemi menjadi Endemi.

"Setelah ada pengumuman vaksin 3 dosis sebagai syarat mudik maka potensi pergerakan nasional naik menjadi 31,6 persen atau 85,5 juta orang. Yang mana, tersebesar menggunakan mobil pribadi sebesar 26,8 persen atau 22,9 juta orang. Kedua, yang menggunakan sepeda motor sebanyak 19,8 persen atau 16,9 juta orang. Ketiga, pemudik yang menggunakan bus sebanyak 16,5 persen atau 16,9 juta orang," rinci Ikfina.

Call Center mudik 2022

Lanjut Ikfina, lainnya menggunakan pesawat 16,5 persen atau 14,1 juta orang, kereta api 10,4 persen atau 8,9 juta orang, kapal Laut 1,6 persen atau 1,4 juta orang dan terakhir kapal penyeberangan 1,1 persen atau 1,0 jt orang. Tak hanya jalur mudik, jalur wisata yang kemungkinan ramai dikunjungi yakni Pacet dan Trawas juga kami siapkan agar tidak terjadi penumpukan serta tetap prokes, seperti juga dengan QR Code PeduliLindungi.

"Oleh karena jalur darat lebih dominan digunakan pemudik, yakni mobil, bus dan sepeda motor maka kami juga memepersiapkan 9 pos pengamanan dan pos pelayanan yang bekerjasama dengan tiga pilar dan BPBD. Tak hanya itu layanan call center 112 juga siap 24 jam, yang langsung dihandle oleh Diskominfo," pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Saat Lebaran, Bupati Mojokerto Ikfina Instruksikan Camat Selalu Siaga

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT