Kamis, 06 Oktober 2022
Peristiwa Nasional

Semangat Kemerdekaan, Bendera Sepanjang 77 Meter Terbentang di Pujon

profile
Doi

17 Agustus 2022 19:01

604 dilihat
Semangat Kemerdekaan, Bendera Sepanjang 77 Meter Terbentang di Pujon
Kirap bendera sepanjang 77 meter di Pujon. (SJP)

KABUPATEN MALANG – untuk membangkitkan kembali nasionalisme masyarakat, Ribuan orang mengarak bendera sepanjang 77 meter dari Kecamatan Pujon sampai Ngantang, Kabupaten Malang.

Ketua Pelaksana, Eko Prasetyo Budi kepada suarajatimpost.com mengatakan Arak-arakan bendera merah putih sejauh 21 kilometer ini melibatkan sebanyak 1000 orang dari berbagai unsur.

"Kami melihat pemuda, maupun masyarakat yang nilai nasionalismenya saat ini turun, akhirnya baik pelajar, pemuda, organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan hingga masyarakat umum, kami libatkan," jelas Eko. Rabu (17/8/2022).

Sekadar informasi, dalam pelaksanaan arak-arakan ini, dilakukan menggunakan sistem estafet. Yakni setiap 2 kilometer, pengarak bendera akan digantikan oleh personel lain, dan seterusnya hingga mencapai finish.

Garis start arak-arakan bendera merah putih ini dimulai dari Monumen Garis Status Quo atau monumen AP III Katjoeng Permadi di Kecamatan Pujon, hingga Monumen Palagan Mendalan atau Sudiarto di Kecamatan Ngantang. 

"Kami perkirakan akan memakan waktu sekitar 3 jam lebih jika berjalan kaki," imbuh Eko.

Rute yang diambil dalam arak-arakan ini, lanjut Eko, sebagai bentuk napak tilas mengenang sejarah para pahlawan yang telah gugur di medan perang. 

"Terlebih di Kecamatan Pujon dan Ngantang ini memiliki banyak sejarah. Menurut kami kemistrinya kena, dan sekaligus napak tilas perjuangan brigjen abdul mana wijaya sekaligis perjuangan yang ada di pujon dan ngantang," papar dia. (Doi Nuri)

Editor: Redaksi 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Semangat Kemerdekaan, Bendera Sepanjang 77 Meter Terbentang di Pujon

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT