Selasa, 24 Mei 2022
Peristiwa Nasional

Tak Kunjung Ditemui, Mahasiswa Robohkan Pagar Besi DPRD Sumenep, Demonstran : Di Mana Wakil Rakyat Bersembunyi

profile
Iruel

11 April 2022 21:36

398 dilihat
Tak Kunjung Ditemui, Mahasiswa Robohkan Pagar Besi DPRD Sumenep, Demonstran : Di Mana Wakil Rakyat Bersembunyi
Aliansi Mahasiswa Sumenep geruduk kantor DPRD Sumenep. (SJP)

SUMENEP – Ribuan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Sumenep (AMS), Madura, Jawa Timur gelar aksi demonstrasi di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Senin, (11/04/2022).

Kedatangam mereka ke kantor parlemen dalam rangka melolak isu liar tentang penundaan pemilu dan perpanjangan jabatan presiden tiga periode.

Kemudian tuntutan lain dipaparkan mahasiswa terkait kenaikan BBM jenis pertamax, tolak kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 11%, dan penolakan terhadap harga minyak goreng.

Mahasiswa secara bergantian berorasi menyampaikan aspirasi dengan lantang. Meski suasana Ramadhan, bukan pantang bagi mereka menyerah, apalagi demi kepentingan rakyat.

"Mundur satu langkah adalah bentuk penghianatan," ujar Koordinator Aksi, Abdul dengan nada lantang.

Penolakan 4 tuntutan yang di sampaikan mahasiswa terus di dengungkan secara bergantian. Di sisi lain mereka meminta Ketua DPRD dan masing-masing Ketua Fraksi hadir menemui mereka.

"Ayo keluar, temui kami. Di mana kalian bersembunyi, saya minta Ketua Dewan dan Ketua Fraksi temui kami" ujarnya.

Selang satu jam berorasi, permintaan mahasiswa untuk mendatangkan Ketua DPRD dan Ketua Fraksi tak kunjung diamini, akhirnya mereka memaksa masuk meski di sepanjang pagar kantor parlemen dijaga ketat oleh petugas keamanan seperti Polisi dan TNI.

Alhasil, mahasiswa berhasil merobohkan pagar utama pintu masuk dan beberapa pagar lainnya di samping pagar utama. Aksi tak terguda ini dipicu lantaran mereka kecewa terhadap respon DPRD. 

Tak memakan waktu lama setelah pintu pagar roboh, mahasiwa diizinkan masuk ke halaman kantor DPRD Sumenepvdengan jaminan tidak melakukan tindakan anakris arau melawan hukum.

Di konfirmasi terpisah, Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti menginformasikan ada sebanyak 475 personil untuk pengamanan unjuk rasa aliansi Mahasiswa Sumenep.

"280 dari Polri, 130 dari TNI, 50 dari Satpol PP, dan 13 dari Dishub," ucapnya.

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tak Kunjung Ditemui, Mahasiswa Robohkan Pagar Besi DPRD Sumenep, Demonstran : Di Mana Wakil Rakyat Bersembunyi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT