Jumat, 07 Oktober 2022
Peristiwa Nasional

Tempat Wisata di Kota Batu Tutup Selama PPKM Darurat

profile
Doi

02 Juli 2021 13:26

487 dilihat
Tempat Wisata di Kota Batu Tutup Selama PPKM Darurat
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko

KOTA BATU - Berlakunya PPKM darurat di Malang raya mau tak membuat tempat wisata di Kota Batu. Hal ini seiring keluarnya Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali poin ketiga huruf h yang menyebut tempat wisata dan mal diharuskan tutup sementara, selama pemberlakuan PPKM darurat.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menjelaskan, penutupan tempat wisata dan mal ini diberlakukan mulai Sabtu 3 Juli 2021 - 20 Juli 2021 sesuai pelaksanaan PPKM darurat. Ia pun menegaskan tak ada tebang pilih objek penutupan tempat wisata dan mal, yang ada di Kota Batu.

"Jadi seperti tgl 3, mulai mal tutup. Tempat wisata tutup. Itu harus kita lakukan. Tanpa ada diskusi ataupun yang lainnya," kata Dewanti Rumpoko, ditemui usai apel gelar pasukan PPKM darurat di Lapangan Rampal, Kota Malang, pada Jumat (2/7/2021).

Namun pihaknya saat ini tengah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan sejumlah pelaku - pelaku wisata yang ada di Kota Batu, mengingat PPKM darurat ini diterapkan mendadak. Namun hal ini harus dilakukan mengingat Kota Batu juga mengalami angka penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang masif.

Namun di sisi lain Pemkot Batu tengah bersiap memberikan bantuan sosial dan kompensasi kepada para pihak yang paling terdampak pemberlakuan PPKM darurat ini. "Ini sedang kita atur bagaimana. Karena terus terang ini kita sangat mendadak. Nanti Insya Allah, pengusaha juga demi kebaikan," ungkap dia.

"Ini yang namanya PPKM darurat ini adalah penyelamat. Jadi untuk melindungi masyarakat, bukan untuk membuat masyarakat sengsara dan sebagainya, tapi untuk melindungi masyarakat, sehingga Insya Allah, pengusaha sangat punya bukan hanya perhatian, tetapi pengertian dan mereka pasti Insya Allah pasti akan mengikuti," tambahnya.

Dirinya meminta para warga Kota Batu untuk tetap berada di rumah selama masa pemberlakuan PPKM darurat hingga 20 Juli 2021 mendatang.

"Mulai tanggal 3 besok, sebaiknya ketika tidak ada yang diperlukan mendesak seperti umpamanya sakit, harus beli berobat, atau beli sembako, sebaiknya di rumah, karena akan ada penyekatan dari TNI Polri," tegasnya.

Saat ini sendiri di Kota Batu selama 5 hari sejak tanggal 26 Juni 2021 hingga 2 Juli 2021 pukul 13.00 WIB mencapai 78 kasus Covid-19. Sedangkan akumulasi total pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Batu mencapai 1.664 kasus, rinciannya 67 pasien aktif atau menjalani perawatan, 1.447 pasien sembuh, dan 150 pasien meninggal dunia.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tempat Wisata di Kota Batu Tutup Selama PPKM Darurat

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT