Kamis, 09 Februari 2023
Peristiwa Nasional

Kasi Humas Polres Mojokerto Kota Benarkan Surat Pencabutan Kuasa Hukum dan Dumas Oknum NA

profile
Andy

11 Desember 2022 10:36

803 dilihat
Kasi Humas Polres Mojokerto Kota Benarkan Surat Pencabutan Kuasa Hukum dan Dumas Oknum NA
Kasi Humas Polres Mojokerto Kota, Iptu MK Umam saat menunjukkan surat pencabutan kuasa dan dumas oleh korban AR. (SJP)

KOTA MOJOKERTO – Kasi Humas Polres Mojokerto Kota, Iptu MK Umam membenarkan adanya pencabutan kuasa dan pengaduan masyarakat (Dumas) dari korban AR (28) atas dugaan kasus yang menjerat oknum petugas Satresnarkoba Polres Mojokerto Kota, NA (41).

"Saya selaku Kasi Humas Polres Mojokerto Kota ingin mengklarifikasi bahwa adanya dumas ke Bidpropam Polda Jatim memang benar. Saat berita itu terbit, pengaduan itu sudah dicabut oleh pemohon. Bukan pemohon dari kuasa hukum, namun dari sang korban," ungkap Iptu MK Umam.

Lebih lanjut ketika dikonfirmasi terkait belum diterimanya surat pencabutan kuasa hingga malam ini Sabtu malam 10 Desember 2022 kemarin, Iptu MK Umam mengatakan, kalau terkait surat pencabutan kuasa untuk kuasa hukum korban MR, yakni Warti Ningsih. Pihaknya mengaku tidak tahu-menahu terkait belum diterimanya surat pencabutan kuasa kepada penasehat hukum korban.

"Kalau terkait pengiriman surat pencabutan, saya belum tahu jelas. Yang jelas, dari pihak pemohon itu sudah membuat surat pencabutan kuasa hukum. Kemudian dari syarat pencabutan pengaduan itu memang harus ada pencabutan kuasa hukum. Yang kemudian, pemohon AR melakukan pencabutan dumas ke Polda yang dilakukan, Kamis 8 Desember 2022 selumbari," tutur MK Umam.

Menurutnya, korban meminta tolong kepada pihak korban agar pengaduan ini tidak dilanjutkan lagi. "Korban AR sudah ingin berdamai dengan oknum NA ini. Mereka sudah dipertemukan di Propam Polda Jatim, Kamis 8 Desember 2022 siang," tandasnya.

Terpisah, Penasehat Hukum korban Warti Ningsih SH MH menegaskan, hingga saat ini ia belum mendapatkan surat pencabutan kuasa khusus sebagai pesahehat hukum korban AR ataupun konfirmasi dari Paminal Propam Polda Jatim bahwa perkara ini sudah sudah dicabut.

"Tadi pagi itu, ada WA yang masuk ke hp saya, menanyakan, Bu apakah benar korban sudah mencabut perkara ini di Propam. Terus, ada lagi telpon WhatsApp masuk dari Kasi Propam Polres Mojokerto Kota, Ipda Yuda Julianto yang mengatakan, semalam korban sudah berangkat bersama oknum NA ini ke Propam untuk mencabut dumasnya dan sudah berdamai di Polres Mojokerto Kota," ungkap Warti Ningsih.

Lebih lanjut, Warti menyampaikan, tapi sampai saat ini sebagai penasehat hukum korban AR, ia belum mendapatkan surat pencabutan secara resmi dari korban.

Seharusnya, korban AR memberikan surat pencabutan kuasa secara tertulis, sehingga pihaknya tidak berhak menangani perkara ini lagi.

"Nah, setelah itu saya akan membuat tanda terima surat pencabutan kuasa tersebut. Sehingga kalau korban mau membawa surat itu sebagai dasar untuk mencabut dumasnya, itu sudah menjadi hak korban," jelas Warti Ningsih.

Sebelumnya diberitakan, diduga merayu korbannya untuk berhubungan badan, oknum anggota Satresnarkoba Polres Mojokerto Kota, NA (41) dilaporkan ke Propam Polda Jatim, Jumat (25/11/2022) pagi.

Pasalnya, oknum anggota Satresnarkoba itu diduga melakukan perbuatan asusila kepada korban, dengan merayunya serta mengiming-imingi bakal membebaskan calon suami korban yang saat ini terjerat kasus narkoba.

Penasehat hukum korban Warti Ningsih, SH, MH mengatakan, korban AR (28) diajak melakukan perbuatan asusila layaknya suami istri di kamar kos oleh oknum polisi anggota satresnarkoba Polres Mojokerto Kota. 

"Korban mau melakukan perbuatan tersebut lantaran korban dijanjikan akan membantu calon suami korban dari jeratan hukum, yang saat ini lagi terjerat persoalan narkoba. Apabila mau melayani permintaan NN, calon korban bakal dibantu diringankan," jelas Warti Ningsih.

"Persoalan ini sudah dilaporkan ke Propam Polda dan pihaknya sudah mendapatkan surat balasan dari Kabidpropam Polda Jatim dengan nomor surat B/754/XI/WAS.2.4/2022/Bidpropam pada tanggal 28 November 2022," pungkasnya. (Redaksi)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kasi Humas Polres Mojokerto Kota Benarkan Surat Pencabutan Kuasa Hukum dan Dumas Oknum NA

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT