Kamis, 30 Juni 2022
Peristiwa Nasional

Tumbuhkan Jiwa Nasionalis, SMK Di Jember Gelar Jalan Sehat Pakai Baju Adat

profile
Rochul

21 Juni 2022 18:25

580 dilihat
Tumbuhkan Jiwa Nasionalis, SMK Di Jember Gelar Jalan Sehat Pakai Baju Adat
Ratusan Siswa Siswi SMK PGRI 05 Kencong Jember. (SJP)

JEMBER – Ratusan siswa siswi dari SMK PGRI 05 Kencong Jember gelar jalan sehat bertema 'Saya Pancasila' pada Selasa, (21/6/2022).

Kegiatan yang dikemas unik dan menarik dengan memakai Baju Adat dari seluruh penjuru negeri yang sudah lama Vacum akibat pandemi Covid-19 tersebut jadi sorotan ribuan pasang mata warga kecamatan kencong dan pengendara lain yang haus akan kegiatan seperti ini.

Dengan menempuh jarak kurang lebih 2 KM, yang dimulai dari Start Mapolsek kencong hingga Finish SMK PGRI 05 tersebut selain menampilkan jalan sehat memakai baju adat juga para siswa siswi mengelar tarian dari daerah masing masing seperti tarian Bali dan juga adat sumatera dan Kalimantan.

Dalam kesempatan kegiatan luar biasa yang dikemas dalam wadah akselerasi kebersamaan menumbuh kembangkan rasa tanggung jawab dan jiwa Pancasila tersebut, pihak kepala sekolah SMK PGRI 05 kencong Saipul Anwar Spd saat ditemui disela sela kegiatan tersebut menyampaikan.

"Kegiatan ini kita kemas dengan tema saya Pancasila, dimana dalam kegiatan jalan sehat ini semua siswa siswi kelas 1 memakai baju adat seantero negeri dengan berjalan sambil menunjukan kesenian masing masing daerah guna untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan persatuan satu sama lain," kata Saiful Anwar.


Ditanya lebih dalam kegiatan yang dikemas unik tersebut, pihak kepala sekolah juga menyampaikan, jika kegiatan ini adalah bentuk apresiasi siswa siswi agar tidak lupa akan roh jiwa Pancasila yang harus ditanamkan sejak dini demi membentuk jiwa nasionalisme.

"Kami dan semua murid selain ingin menunjukkan jiwa Pancasila dalam gelaran tersebut, juga kami menunjukan kepada masyarakat semua bahwa jiwa Pancasila dan kebersamaan itu harus kita pupuk dini, apapun adat dan budaya harus saling mendukung dan menghargai," terangnya.


Tidak hanya itu saja, kegiatan jalan sehat seni budaya ini juga bentuk apresiasi kegiatan Porprov ke VII yang digelar di Jawa timur terutama kabupaten Jember.

Terpisah, salah satu warga kencong bernama Mahmudah menyikapi kegiatan ini merespon dengan baik dan berikan apresiasi luar biasa terhadap kegiatan yang dikemas dalam kebudayaan masing masing daerah di Indonesia.

"Salut, luar biasa dan sangat terbaik, karena selain sudah lama masyarakat tidak mendapat hiburan seperti ini, dan waktu kegiatan juga dikemas dengan unik dan jiwa pancasila sangat terlihat dari para peserta memakai baju adat, saya saya ide menumbuhkan jiwa Pancasila yang dilakukan sekolah SMK PGRI ini cukup luar biasa sekali," bangga nya.(Lum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tumbuhkan Jiwa Nasionalis, SMK Di Jember Gelar Jalan Sehat Pakai Baju Adat

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT