Kamis, 09 Februari 2023
Peristiwa Nasional

Ugiek Arbanat, Kampanyekan Kesetaraan Difabel Lewat Lagu Anak

profile
Doi

19 Januari 2023 07:37

1.6k dilihat
Ugiek Arbanat, Kampanyekan Kesetaraan Difabel Lewat Lagu Anak
Menciptakan lagu anak-anak dan mensuport bakar para difabel dibidang seni musik, tidak pernah lelah dilakukan oleh Ugik Arbanat. Kamis (19/1/2023).

KOTA MALANG – Sugiarto adalah nama asli dari Ugiek Arbanat. Pria yang rajin menciptakan lagu bertemakan alam dan lagi khusus untuk anak-anak.

Sebelumnya, ia dikenal dengan gerakan Simfoni Cinta Tanah Air, yakni aksi demonstrasi lagu-lagu nasional, anak-anak dan daerah di sekolah-sekolah selama lebih dari 20 tahun.

Terbaru, sebagai kado Hari Disabilitas Internasional pada 3 Desember 2022 lalu, ia menciptakan dan merilis satu lagu baru berjudul 'Taman Indah".

Lagu ber-genre anak-anak itu, dinyanyikan oleh Fahira Ayun Rachmantika. Anak difabel yang memiliki suara merdu ini, berduet dengan putri sulung Ugiek yang masih bersekolah di bangku sekolah dasar, Melody.

Lagu tersebut ditulis oleh sastrawan Kota Malang, Imam Suwongso dan digubah Ugiek dengan balutan nada hingga terciptalah lagi tersebut.
Untuk pemilihan vokal Fahira dan Melody bukan tanpa alasan, Ugiek beranggapan lagu ini akan cocok jika dinyanyikan anak-anak.

Hal ini sejalan dengan misinya yang ingin menciptakan lagu sebanyak- banyaknya untuk anak-anak.

“Kenapa harus Fahira? Karena banyak sebenarnya yang bagus, tapi usianya yang belum remaja dan cocok untuk lagu ini. Saya mikirnya akan tepat jika yang menyanyikan Fahira dan Melody karena usianya seumuran,” katanya.

Ugiek menciptakan lagu 'Taman Indah' supaya menjadi perhatian bagi masyarakat bahwa sesama manusia harus saling membantu dan hidup dalam kesetaraan.

“Lagu ini saya persembahkan kepada teman-teman difabel semuanya dan yang paling penting soal menggaungkan isu inklusi. Artinya, inklusi itu adalah kesetaraan difabel dan non difabel tidak ada perbedaan dan saling bergandengan tangan untuk saling mendukung, tidak ada jarak dan perbedaan,” jelas Cak Gik mengenai pesan utama dalam terbarunya itu.

Untuk diketahui, Fahira Ayun Rachmatika Hajiani yang masih berumur 10 tahun ini masih mengenyam pendidikan di kelas 4 SD.

Dia memang memiliki keterbatasan penglihatan, tapi dia mampu menyanyikan lagu dari Ugiek dengan sangat baik dan penuh semangat.

“Fahira sangat senang sekali dengan lagu itu (Taman Indah), lagunya sangat bagus dan mudah dihafal,” ucap Fahira dengan gembira.

Mendatang, salah satu pendiri UKM Musik Ikabama Universitas Muhammadiyah Malang itu akan lebih produktif berkarya untuk kesamaan hak difabel. (Redaksi)

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ugiek Arbanat, Kampanyekan Kesetaraan Difabel Lewat Lagu Anak

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT