Kamis, 30 Juni 2022
Peristiwa Nasional

Walkot Mojokerto Ning Ita Jadi Pembicara Seminar Nasional APEKSI 2022 di Bandar Lampung

profile
Andy

28 Mei 2022 11:57

464 dilihat
Walkot Mojokerto Ning Ita Jadi Pembicara Seminar Nasional APEKSI 2022 di Bandar Lampung
Wali Kota Mojokerto yang akrab disapa Ning Ita menjadi pembicara seminar nasional APEKSI 2022 di Bandar Lampung.

KOTA MOJOKERTO - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menjadi salah satu pembicara dalam Seminar Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2022 yang digelar di Ballroom Novotel Hotel Lampung, Kota Bandar Lampung, Jumat (27/5/2022).

Dihadapan puluhan wali kota anggota APEKSI, Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto menjelaskan strategi yang telah dilakukan Pemkot Mojokerto dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga berhasil menembus pasar global.

"Kami mengupayakan tidak hanya UMKM yang sudah stabil, namun masyarakat yang terdampak akibat PHK ini juga kita berikan program 4P, pelatihan, pendampingan, permodalan, hingga pembentukan koperasi," ungkapnya.

Dijelaskan Ning Ita, selain diberikan pelatihan secara simultan, peserta juga diberikan pendampingan hingga 6 bulan sampai 1 tahun sesuai dengan jenis pelatihan yang mereka terima.

"Setelah itu mereka ini kita berikan bantuan permodalan dalam bentuk sarana prasarana untuk usaha mereka, setelah berjalan dan berhasil kurasi, maka kemudian kita bentuk mereka menjadi koperasi berdasarkan sektornya," jelasnya.

Komitmen Ning Ita untuk mengembangkan UMKM juga dibuktikan dengan melakukan kolaborasi multi pihak, diantaranya kerjasama dengan INA_LAC dan INA_Access, Business Matching dengan Atase Perdagangan Hongkong, China, Amerika Latin, Pelatihan, Pembinaan, dan Pendampingan Ekspor bekerja sama dengan KPPBC, Fasilitasi pembiayaan KUR, Kredit Ultra Mikro, Kredit Super Mikro, Dagulir Provinsi, Pembangunan Sentra Industri, Pembangunan rumah produksi bersama, hingga Fasilitasi Standarisasi untuk meningkatkan mutu dan quality control.

Beberapa produk UMKM Kota Mojokerto dengan komoditas ekspor tahun 2021 diantaranya rokok kretek, furniture, sandal dan sepatu, kripik cassava, batik, hingga mineral. Selain pemasaran secara offline, Ning Ita juga terus mendorong UMKM Kota Mojokerto untuk memasarkan produk di Marketplace dan Media Sosial.

Wali Kota Mojokerto Ning Ita saat meninjau pameran batik asli Mojokerto di APEKSI 2022

Atas komitmen Ning Ita, beberapa penghargaan nasional berhasil diraih antara lain Merdeka Award, Nusantara Award, Kepala Daerah Inovatif, dan IGA Award 2021.

Selain Ning Ita, 7 Narasumber lain yang juga mengisi Seminar Nasional tersebut adalah Asisten Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia Kementerian BUMN Andus Winarno, Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Menengah) Hanung Harimba Rachman, Sub Koordinator Strategi Perancangan Destinasi Wilayah Tematik – DMO DG Mulyanto.

Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fathoni, Wali Kota Malang Sutiaji, Wali Kota Solok Zul Elfian, dan akademisi dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEB UI Riatu Mariatul Qibthiyyah.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Walkot Mojokerto Ning Ita Jadi Pembicara Seminar Nasional APEKSI 2022 di Bandar Lampung

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT