Senin, 28 November 2022
Politik

Bawaslu Lumajang Butuh Pengawasan Partisipatif dari Masyarakat

profile
Achmad

04 November 2022 12:22

525 dilihat
Bawaslu Lumajang Butuh Pengawasan Partisipatif dari Masyarakat
Komisioner KPU Kabupaten Lumajang Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Yusuf Adi Pamungkas, saat melakukan paparan. (SJP)

LUMAJANG – Bawaslu Kabupaten Lumajang membutuhkan pengawasan partisipatif dari masyarakat, sebab bisa menambah jumlah orang-orang yang akan berpartisipasi dalam proses pengawasan Pemilu tahun 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Koordinator Divisi Pengawasan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Kabupaten Lumajang, Akhmad Mujadid MR, saat diwawancarai sejumlah media kalau pihaknya melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif, bersama warga, media, LSM dan organisasi kemasyarakatan (ormas).

"Jajaran Bawaslu sendiri tidak cukup personil dalam melakukan pengawasan proses Pemilu ini, maka dari itu dibutuhkan sekali  pengawasan eksternal agar lebih maksimal dalam pengawasannya pada setiap tahapan-tahapannya," kata mantan PPK Tahun 2012-2014 ini.

Fungsi pencegahan dari Bawaslu, kata Mujaddid, menjadi tugas prioritas terhadap fungsi penindakan pelanggaran. Dan penindakan, akan dilakukan pada saat tahapan Pemilu dimulai.

"Saat ini masih dalam tahapan verifikasi faktual, jadi pencegahan atau penindakannya kepada peserta Pemilu yaitu Partai Politik dan KPU, agar di proses ini dilakukan sesuai aturan perundang-undangannya," tambahnya.

Setiap pencegahan akan berbeda pada setiap tahapannya, karena itu menurut Mujaddid, penindakan akan dilakukan pada setiap tahapannya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Lumajang Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Yusuf Adi Pamungkas, menyatakan kalau saat ini memang masih dalam tahapan verifikasi faktual peserta Pemilu.

"Kita melihat masih belum ada tindakan signifikan dari Bawaslu," ujarnya.

Maka dari itu, menurut Yusuf, dalam pengawasan partisipatif ini, masyarakat diminta pro aktif, memahami setiap tahapan-tahapan Pemilu yang akan dilaksanakan nanti, dari hulu hingga hilir.

"Sebagai media dan LSM adalah penyambung lidah informasi kepada masyarakat, dan masyarakat diminta aktif dalam menyampaikan pengawasan, apa penyelenggara sudah sesuai dengan regulasi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya," tutupnya. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bawaslu Lumajang Butuh Pengawasan Partisipatif dari Masyarakat

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT