Kamis, 06 Oktober 2022
Politik

Dinkes Lumajang Lakukan Upaya Peningkatan IPM, DPRD Mendukung Program Percepatannya

profile
Achmad

28 Agustus 2022 14:09

425 dilihat
Dinkes Lumajang Lakukan Upaya Peningkatan IPM, DPRD Mendukung Program Percepatannya
Situasi saat diskusi berkenaan dengan kesehatan. (SJP)

LUMAJANG - Sesuai dengan data yang ada, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lumajang masih berada pada posisi di bawah rata-rata IPM Kabupaten/ Kota lain se Jawa Timur.

Dengan demikian dalam tataran kebijakan, perlu dilakukan intervensi program lebih lanjut pada sektor pendidikan untuk peningkatan Rata-rata Lama Sekolah melalui program Pendidikan Luar Sekolah / Pendidikan non Formal. 

Pada sektor kesehatan, menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lumajang, dr Bayu Wibowo Ignasius, harus dilakukan upaya meningkatkan Angka Harapan Hidup (AHH) masyarakat melalui program-program peningkatan kualitas hidup masyarakat.

"Seperti adanya persalinan gratis dan menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB)," katanya kepada media ini, Minggu (28/8/2022) via chat WhatsApp nya.

Selain itu, diungkapkan Dr Bayu, pihaknya juga serius menangani komunikasi perubahan sosial dan perilaku terkait dengan penerimaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kabupaten Lumajang.

"Upaya penting yang akan dilakukan, diantaranya kegiatan kampanye dan pelibatan masyarakat, untuk memastikan bahwa program berjalan sesuai dengan tujuan publik," ungkapnya.

Dan patut diketahui bersama, apa yang dipaparkan oleh Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang, Supratman, kalau pemberian vaksin itu merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung termasuk di Jawa Timur apalagi munculnya varian omnicorn.

"Vaksinasi ini sebagai upaya pencegahan primer yang sangat handal mencegah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi," jelas politisi PDIP ini.

Dengan prosedur vaksinasi yang benar, menurut wakil rakyat asal Kecamatan Senduro ini berharap akan di peroleh kekebalan yang optimal, penyuntikan yang aman dan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang minimal.

"Vaksinasi Covid-19 dilakukan setelah kepastian keamanan dan keampuhannya ada, merupakan upaya untuk menurunkan kesakitan dan kematian dan mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd imunity)," imbuhnya lagi.

Selain itu, menurut kata Supratman, vaksinasi Covid-19 juga bertujuan untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, juga menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial dan ekonomi masyarakat. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dinkes Lumajang Lakukan Upaya Peningkatan IPM, DPRD Mendukung Program Percepatannya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT