Senin, 28 November 2022
Politik

Ketua DPRD Lumajang : Kebijakan Dapat Tingkatkan Perekonomian Daerah

profile
Achmad

29 Agustus 2022 14:06

423 dilihat
Ketua DPRD Lumajang : Kebijakan Dapat Tingkatkan Perekonomian Daerah
Gambar IPM Jawa Timur. (SJP)

LUMAJANG - Sektor perekonomian diupayakan melalui peningkatan indeks pengeluaran/daya beli masyarakat.

Disamping indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM), ada indikator makro sosial kemasyarakatan lainnya Kabupaten Lumajang.

Angka Kemiskinan, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dan Gini Rasio Kabupaten Lumajang menunjukkan hal yang positif. 

Dikatakan Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, H Anang Akhmad Syaifuddin, kondisi sosial ekonomi masyarakat Lumajang lebih baik dibanding rata-rata Kabupaten/Kota se-Jawa Timur lainnya.

Dimana angka kemiskinan dapat ditekan dengan baik walau masih dua digit, rendahnya pengangguran serta disparitas antara Si Kaya dan Si Miskin juga sangat kecil. 

"Hal ini menunjukkan pembangunan di Kabupaten Lumajang relatif bisa dinikmati secara merata oleh masyarakat dibanding Kabupaten lain khususnya dibandingkan dengan kota-kota besar di Jawa Timur lainnya," papar politisi PKB ini kepada awak media, Senin (29/8/2022).

Kebijakan ekonomi Kabupaten Lumajang tahun 2021 lalu, dikatakan Anang, sangat dipengaruhi oleh kebijakan-kebijakan fiskal dan moneter dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi. 

Namun demikian, diungkapkan Ketua DPC PKB Kabupaten Lumajang ini, dengan memperhatikan kondisi dan potensi perekonomian daerah, arah kebijakan yang ditempuh dalam rangka meningkatkan perekonomian Kabupaten Lumajang.

"Mendorong pemulihan perekonomian daerah yang turun karena terdampak pandemi wabah Covid-19, meningkatkan produktifitas sektor pertanian (dalam arti luas) dan pengolahan-pengolahan hasil pertanian," jelasnya.

Selain itu, diungkapkan Cak Anang, dengan mengembangkan obyek dan daya tarik wisata, meningkatkan infrastruktur perekonomian daerah, meningkatkan Kualitas SDM dan skill tenaga kerja dan optimalisasi pengelolaan BUMD.

"Pemberian kemudahan prosedur investasi bagi investor dan meningkatkan stabilitas keamanan, kondusifitas dan kenyamanan masyarakat," pungkasnya. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ketua DPRD Lumajang : Kebijakan Dapat Tingkatkan Perekonomian Daerah

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT