Selasa, 27 September 2022
Politik

Ketua Komisi A DPRD Lumajang Salut Kinerja Polisi "Mancal"

profile
Achmad

25 Agustus 2022 08:48

380 dilihat
Ketua Komisi A DPRD Lumajang Salut Kinerja Polisi "Mancal"
Polisi Pakai Sepeda Angin, Berkeliling Alun - Alun Lumajang Sambil Jaga Kamtibmas. (SJP)

LUMAJANG - Berpatroli dengan mengayuh sepeda angin, dua anggota Satuan Sabhara Polres Lumajang diacungi jempol oleh Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Lumajang, Gotot Sarworubedo, saat melintas di Alun-Alun kota Lumajang, Selasa malam (23 Agustus 2022 selumbari.

Menurutnya, dalam menjalankan fungsinya menjaga keamanan dan ketertiban wilayah Kabupaten Lumajang, tidak ada yang salah, walaupun dengan mancal sepeda.

"Salut sama pak polisi yang menjalankan tugas patrolinya, walaupun dengan mancal, itung-itung sambil berolahraga," katanya kepada media ini. Kamis (25/8/2022).

Sementara itu, kata Kapolres Lumajang, AKBP Dewa Putu Eka Darwaman, kepada wartawan menyampaikan, selain menyapa masyarakat, kegiatan patroli bersepeda ini bertujuan utamanya untuk menjaga keamanan, mencegah atau mengantisipasi aksi kriminal. 

"Alun - alun kan merupakan lokasi yang dijadikan arena berkumpulnya masyarakat, terlebih di malam hari, maka dari itu harus kita jaga," papar Kapolres Lumajang.

Kapolres juga mengatakan, kegiatan patroli bersepeda angin itu bukan kali pertamanya, ini merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya, dengan rute seputar kawasan pusat kota.

Mengenai alasan memakai sepeda angin, AKBP Dewa Putu menjelaskan satu manfaat diantaranya selain kesehatan bagi petugas, juga lebih mendekatkan antara Polri dengan masyarakat. 

"Kegiatan patroli bersepeda angin itu merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya. Sesekali petugas yang berpatroli berhenti menyapa masyarakat dan mengingatkan akan keamanan pada dasarnya minimal setiap masyarakat itu menjadi polisi bagi dirinya sendiri," papar Dewa.

Masyarakat, lanjut Dewa, diajak turut menjaga dan waspada akan aksi kriminal misalnya saat memarkir kendaraan itu tidak lengah sehingga memicu hal-hal yang tidak diinginkan.

"Juga tidak membawa barang - barang berharga ke tempat - tempat keramaian," imbuhnya. 

Ia mengajak masyarakat untuk andil dan turut serta menciptakan keamanan. Artinya sinergi mendasari kewaspadaan sehingga, ruang pelaku kejahatan sempit dan perbuatannya bisa dicegah. 

Diserupakan titik atau lokasi, petugas terus berkomunikasi dan melaporkan situasi serta perkembangan ke satuan. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ketua Komisi A DPRD Lumajang Salut Kinerja Polisi "Mancal"

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT