Kamis, 09 Februari 2023
Politik

Komisi A DPRD Lumajang Usulkan Kenaikan Anggaran Perbaikan 2 Kantor Camat

profile
Achmad

06 Desember 2022 13:15

594 dilihat
Komisi A DPRD Lumajang Usulkan Kenaikan Anggaran Perbaikan 2 Kantor Camat
Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Lumajang, Gatot Sarworubedo, saat melakukan sidak di lokasi pertambangan. (SJP)

KABUPATEN LUMAJANG – Adanya sejumlah limpahan permasalahan yang tidak dapat diselesaikan dari Komisi-Komisi DPRD Kabupaten Lumajang, maka Komisi A DPRD Kabupaten Lumajang mengusulkan kenaikan anggaran 2 kantor kecamatan.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Lumajang, Gatot Sarworubedo, kepada media ini menerangkan, pada pembahasan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Rapeda) Kabupaten Lumajang tentang APBD Tahun 2023 oleh Komisi A telah selesai sesuai jadwal yang telah ditetapkan. 

Dari pembahasan tersebut, dikatakan Gatot, Komisi A berkesimpulan dalam penyusunan dan pengalokasian pos-pos anggaran pada RAPBD Tahun 2023 oleh masing-masing mitra kerja Komisi A secara yuridis formal sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor  12 Tahun 2019 tentang  Pengelolaan Keuangan  Daerah. 

“Begitu pula secara materiil penentuan besarnya anggaran telah sesuai dengan program kegiatan pada masing-masing OPD,” terangnya, Selasa (6/12/2022).

Untuk itu Komisi A berkesimpulan, pembahasan RAPBD 2023 tersebut telah selesai dan sudah tidak ada permasalahan lagi serta dapat diajukan untuk dibahas dalam Badan Anggaran bersama dengan Tim Anggaran guna untuk mendapatkan persetujuan Legislatif. 

“Terkecuali  anggaran pada Kecamatan Candipuro, yang pada Tahun Anggaran 2023, mendapat Anggaran untuk Rehab Balai Kecamatan sebesar Rp33 juta, namun dengan anggaran tersebut dirasa sangat kurang karena pengajuan sebelumnya sebesar Rp60 juta. Untuk itu, Komisi A menginginkan agar anggaran dikembalikan seperti pengajuan sebelumnya yaitu sebesar Rp60 juta,” papar politisi Gerindra ini.

Selain Kecamatan Candipuro, wakil rakyat dari Dapil 1 ini, mengatakan kalau Kecamatan Pasirian juga mendapatkan anggaran Rehab dan Renovasi Toilet pada kantpor Kecamatan Pasirian sebesar Rp13 juta, namun dirasa sangat kurang, untuk itu, ditegaskan Gatot, agar disesuaikan dengan anggaran pengajuan semula, yaitu senilai Rp50 juta. 

“Kecamatan Pronojiwo, pada Tahun Anggaran 2023 mendapatkan dana Rehab kantor dan Rumah Dinas sebesar Rp330 juta, akan tetapi yang menjadi masalah ketika rehab dilakukan, tidak ada solusi tempat sementara untuk pemindahan proses pelayanan di kecamatan," kata dia.

Untuk itu, pihaknya memohon kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang untuk mencarikan solusi yang tepat guna kelancaran pelayanan kecamatan kepada masyarakat. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Komisi A DPRD Lumajang Usulkan Kenaikan Anggaran Perbaikan 2 Kantor Camat

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT