Minggu, 02 Oktober 2022
Politik

Legislatif Lumajang Fasilitasi Perda P4GN dan Prekursor Narkotika

profile
Achmad

20 Juli 2022 23:29

449 dilihat
Legislatif Lumajang Fasilitasi Perda P4GN dan Prekursor Narkotika
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang saat bersidang. (SJP)

LUMAJANG - Maraknya peredaran narkotika di Kabupaten Lumajang, Legislatif Kabupaten Lumajang fasilitasi adanya Peraturan Daerah (Perda) Pencegahan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkotika Dan Prekursor Narkotika.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, H Akhmat ST, saat ditemui awak media di kediamannya, Rabu (20/7/2022).

Menurutnya, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya (NAPZA) dengan berbagai implikasi dan dampak negatifnya.

Hal ini dianggap sebagai suatu masalah internasional maupun nasional, yang sangat kompleks yang dapat merusak dan mengancam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

Bukan hanya itu, beredarnya narkotika dapat melemahkan ketahanan nasional dan menghambat jalannya pembangunan. 

"Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang harus bertekad untuk memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dengan melibatkan seluruh potensi yang ada baik di instansi pemerintah, masyarakat, LSM dan pihak-pihak terkait lainya," katanya kepada media ini. 

Narkoba, kata politisi PPP ini merupakan suatu zat ataupun obat yang apabila dimasukkan kedalam tubuh manusia akan mempengaruhi fungsi fisik dan psikologi, penurunan kesadaran.

Pun juga dapat menghilangkan perasaan dan membuat orang yang mengkonsumsinya seakan mendapatkan kenikmatan yang tak terhingga. 

"Hal inilah yang dapat menimbulkan efek terberat bagi kesehatan para pemakainya, yaitu rasa ketergantungan atau keinginan yang sangat kuat untuk selalu memakainya," tambahnya.

Dari data yang diperoleh media, Presiden RI, pada tanggal 28 Februari 2020 lalu, telah menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) nomor 2 tahun 2020 tentang rencana aksi nasional (RAN) Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika 
(P4GN).

"Seperti telah diketahui bersama, narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) berpotensi merusak moral dan masa depan bangsa, khususnya generasi muda," imbuhnya. 

Kata wakil rakyat asal Kecamatan Jatiroto ini, Pemerintah terus berupaya memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba dengan berbagai cara. Masifnya peredaran dan penyalahgunaan narkoba saat ini memerlukan upaya pencegahan dari berbagai pihak.

"Pihak kepolisian dan BNN terus berlanjut dengan penangkapan bandar dan pengedar di wilayah Kabupaten Lumajang," pungkasnya. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Legislatif Lumajang Fasilitasi Perda P4GN dan Prekursor Narkotika

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT