Senin, 28 November 2022
Politik

Peran Media Sangat Dibutuhkan Untuk Edukasi Pemilih Serta Suksesnya Pemilu 2024

profile
Senopati

11 November 2022 14:18

518 dilihat
Peran Media Sangat Dibutuhkan Untuk Edukasi Pemilih Serta Suksesnya Pemilu 2024
KPU Kabupaten MalangΒ 

KABUPATEN MALANG - Untuk mensukseskan Pemilihan Umum tahun 2024 serta meningkatkan jumlah pemilih, peran media sangat dibutuhkan dalam memberikan informasi tahapan Pemilu dan memberikan edukasi bagi pemilih dalam Pemilu 2024 nanti.

Anggota KPU Kabupaten Malang, Khilmi Arif mengatakan, kesuksesan penyelenggaraan Pemilu tidak bisa dilepaskan dari peran stakeholder, salah satunya termasuk media massa. 

"Media massa memiliki peran penting dalam memberikan informasi (positif) dan edukasi terkait kepemiluan dan teknis penyelenggaraannya secara luas kepada masyarakat," kata Khilmi Arif, Jumat (11/11). 

Khilmi menambahkan, dengan mempertimbangkan luas kewilayahan kabupaten Malang serta tren era digital saat ini, maka media dapat memberikan percepatan penyampaian informasi soal pemilu maupun pilkada serentak.

"Asas Pemilu Luber Jurdil seyogyanya dapat terlaksana dengan baik, atas juga dukungan dan peran serta awak media, selain itu, penyelenggaraan pemilu, informasi penting media sekaligus bisa mewujudkan pendidikan kepada pemilih yang efektif kepada publik hingga yang berada di pelosok-pelosok desa," beber Khilmi.

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, edukasi politik sangat diperlukan bagi masyarakat agar nantinya dapat mempergunakan hak politiknya.

"Dengan pendidikan pemilih lebih meluas ini, agar dapat menyasar semua kalangan masyarakat, untuk membangun kesadaran menggunakan hak politiknya dengan baik, Jangan sampai ada masyarakat yang tidak tahu bahwa saat ini sudah memasuki tahapan Pemilu, apalagi terjadi golput di har Pemungutan Suara nantinya," pungkasnya.  

Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum RI Nomor 8 Tahun 2022, saat ini sudah memasuki tahapan pembentukan dan tata kerja badan adhoc diawali dengan rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yang rencananya dimulai 16 November 2024 dan pemungutan suara Pemilu sendiri dijadwalkan pada 14 Februari 2024 mendatang. 

Publisher : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Peran Media Sangat Dibutuhkan Untuk Edukasi Pemilih Serta Suksesnya Pemilu 2024

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT