Kamis, 06 Oktober 2022
Politik

Pilkades Lima Desa di Kota Batu, Tumbangkan Satu Incumbent, Lahirkan Tiga Pemimpin Baru

profile
Doi

29 Agustus 2022 16:11

513 dilihat
Pilkades Lima Desa di Kota Batu, Tumbangkan Satu Incumbent, Lahirkan Tiga Pemimpin Baru
Pilkades 5 Desa di Kota Batu dihiasi 3 wajah baru. (SJP)

KOTA BATU – Gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada lima wilayah di Kota Batu berjalan lancar, meski dua dari empat incumbent yang bertarung harus gugur.

Tiga incumbent yang bertarung, ada di Desa Pesanggrahan, Desa Pandanrejo, dan Desa Bulukerto Sementara di Desa Sumbergondo dan Desa Sumberbrantas semua calon merupakan wajah baru.

Sementara satu incumbent yang harus merelakan kursi kepemimpinan berganti, adalah Suwantoro di Desa Bulukerto. Kendati dua incumbent di Desa Pesanggrahan dan Pandanrejo masih mampu mempertahankan jabatan.

Keterangan tersebut ditegaskan oleh Kepala DP3AP2KB Kota Batu Aditya Prasaja ketika dikonfirmasi oleh awak media pada Minggu malam 28 Agustus 2022 kemarin.

"Kami bersyukur semua berjalan dengan lancar dan tidak terdapat gejolak berlebih pada saat pemilihan kepala desa di lima wilayah ini," katanya. Senin (29/8/2022).

Sebagai informasi, incumbent yang memenangkan Pilkades yakni Desa Pandanrejo, Abdul Manan dengan perolehan suara 2171 dari 3785 suara sah. 

Kemudian di Desa Pesanggrahan Imam Wahyudi berhasil mempertahankan jabatannya dengan memenangkan 2799 suara dari 7065 suara sah.

Sedangkan untuk kepala desa yang baru, berada di Desa Sumber Brantas yang sebelumnya dipimpin oleh Juadi kini digantikan oleh Saniman dengan perolehan suara 1974 dari 3295 suara sah. 

Lalu untuk kepala desa baru juga terdapat di Desa Sumbergondo yang sebelumnya dipimpin leh Nur Yuwono dan digantikan oleh Hadi Purwanto dengan perolehan suara 1578 dari 2876 suara sah.

Mengejutkan, kepala desa baru di desa Bulukerto yang sebelumnya dipimpin oleh Suwantoro kini digantikan oleh Suhermawan dengan perolehan 2021 suara dari 4060 suara sah. 

"Catatan untuk Desa Bulukerto, hanya mempertemukan dua calon, dan Suwantoro harus puas dengan perolehan 2011 suara, hanya selisih 10 suara. Pertarungan keduanya sengit, namun kondusif," jelas Aditya.

Seusai gelaran pesta demokrasi ini, Walikota Batu Dewanti Rumpoko mengimbau untuk kepala desa yang menang tidak boleh terlalu bereuforia dan harus merangkul yang kalah.

"Untuk yang kalah, harus tetap berbesar hati mendukung yang menang karena pilkades adalah sarana demokrasi dalam memilih pemimpin di desa," imbau dia.

Sehingga setelah selesai, masih kata Dewanti, semua pihak harus tetap guyub rukun bersama membangun desanya. 

"Kepala desa yang terpilih juga harus amanah, berkomitmen mensejahterakan masyarakatnya, dan siap bersinergi dengan pemerintah di atasnya," pungkas Dewanti. (Doi Nuri)

Editor: Redaksi 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pilkades Lima Desa di Kota Batu, Tumbangkan Satu Incumbent, Lahirkan Tiga Pemimpin Baru

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT