Jumat, 03 Februari 2023
Politik

Rakor Verifikasi Faktual, KPU Kabupaten Mojokerto Undang 9 Parpol

profile
Andy

15 Oktober 2022 19:23

483 dilihat
Rakor Verifikasi Faktual, KPU Kabupaten Mojokerto Undang 9 Parpol
KPU Kabupaten Mojokerto menggelar Rakor Verifikasi Faktual Parpol Peserta Pemilu 2024

MOJOKERTO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto menggelar rapat koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan tahapan verifikasi faktual kepengurusan serta Kkanggotaan partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 di hotel Arayanna Trawas, Sabtu (15/10/2022) pagi.

Rakor kali ini mengundang 9 parpol yang sudah lolos verisikasi administrasi calon peserta pemilu yang tidak mempunyai kursi parlemen atau yang tidak memenuhi ambang batas parlementary threeshold (PT) 4 %, baik partai lama maupun partai baru calon peserta pemilu 2024. 
 
Partai-partai tersebut adalah Partai Bulan Bintang Parta Buruh, Partai Garda Perubahan Indonesia, Partai Gelombang Rakyat Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia dan Partai Ummat. 

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan dan mengumumkan hasil verifikasi administrasi partai politik calon peserta pemilu 2024 dengan nomor 9/PL.01-1Pu/05 2022 untuk kemudian akan dilanjutkan ke tahapan berikutnya yaitu Verifikasi Faktual partai politik Calon Peserta Pemilu 2024. 

Waktu untuk Verifikasi Faktual dimulai dari tgl 15 oktober sampai 04 Nopember 2022. Verifikasi faktual tgl 15 oktober dilakukan oleh KPU RI di tingkatan Nasional bagi 9 partai yang tidk memenuhi syarat ambang batas PT 4 % sebagaimana diatas.

Ketua KPU kabupaten Mojokerto, Muslim Bukhori menyampaikan, pelaksanaan tahapan verifikasi faktual hendaknya harus bersinergi dengan partai politik yang akan di verifikasi faktual sehingga tahapan ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. 

"Tahapan verifikasi faktual dipastikan sangat melelahkan baik bagi kpu, bawaslu dan partai politik calon peserta pemilu tahun 2024. Maka dari itu, sinergitas dan kerjsama dari partai politik sangat kami harapkan agar nanti memudahkan kita dalam bekerja," imbuhnya.

Sementara itu, Divisi Yeknis KPU Kabupaten Mojokerto, Ahmad Arif juga menegaskan waktu memberikan materi terkait persiapan tahapan verifikasi faktual bagi 9 partai politik harus sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU sehingga tahapan ini bisa berjalan baik dan lancar.

"Berpedoman kepada PKPU 4 2022, KPT 384 dan Surat KPU 839, mengatur metode verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu 2024," pungkasnya.

Publisher : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Rakor Verifikasi Faktual, KPU Kabupaten Mojokerto Undang 9 Parpol

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT