Kamis, 09 Februari 2023
Politik

Sejumlah Anggaran Telah Selesai Dibahas, Komisi D DPRD Lumajang Temukan Banyak Perubahan

profile
Achmad

29 Desember 2022 08:30

537 dilihat
Sejumlah Anggaran Telah Selesai Dibahas, Komisi D DPRD Lumajang Temukan Banyak Perubahan
Ketua Komisi D soroti Raperda perubahan anggaran. (SJP)

KABUPATEN LUMAJANG – Sesuai hasil Rapat Kerja antara Komisi D  DPRD Kabupaten Lumajang dengan Mitra Kerja dapat diambil kesimpulan, pembahasan Raperda Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Lumajang telah selesai dan tidak ada permasalahan,.

Kendati demikian, ada beberapa hal untuk catatan kepada OPD perlu diperhatikan dan ditindak lanjuti. 

Ada beberapa perubahan anggaran di beberapa dinas, pada Tahun Angaran 2023 diantaranya Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yaitu Dana Karang Taruna yang semula Rp220.193.840,- dirubah menjadi Rp180.993.840,-.  

Hal ini disampaikan, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang, Supratman kepada media ini, Rabu (28/12/2022).

“Ada anggaran yang dibutuhkan untuk pembinaan KPM PKH sebesar Rp56 juta saja,” ungkap Supratman via chat Whatsapp nya.

Selain Dinas Sosial, ada pula perubahan pada Dinas Tenaga Kerja Anggaran monev tahun 2023, dari 2 kegiatan diambilkan dari dana DBHCHT, dan 1 kegiatan dialihkan untuk pembinaan terhadap pasca pelatihan, dilaksanakan tahun 2023, dengan Tema problematika pasca pelatihan dengan anggarannya Rp200 juta. 

Menurut Supratman, ada pula pada Dinas Pemuda dan Olahraga untuk pembinaan kepemudaan, sarpras cabor dan reward atlit membutuhkan anggaran sebesar Rp1 milyar.

Anggaran Pramuka sebesar Rp2 milyar dialihkan sebesar Rp500 juta untuk kegiatan pasca perawatan Orang Dengan Gangguan Jiwa (OGDJ).

“Kegiatan Fasilitasi Bantuan Sosial Kesejahteraan Keluarga di Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebesar Rp100 juta yang Rp400 digunakan untuk rehab SDN 01 Pasrujambe, SDN 01 Barat, dan meubeler SDN 03 Tempe Lor,” kata politisi PDIP ini.

Sedangkan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, akan ada Rehab perbaikan SDN Pasrujambe 01, SDN 01 Barat dan meubeler SDN 03 Tempeh Lor, diambilkan dari pengurangan anggaran Pramuka sebesar Rp400 juta.

“Pada KONI sendiri anggaran untuk KONI diplot Rp4 dikarenakan tidak ada kesesuaian dengan RKA atau Proposal yang diajukan,” beberanya lagi.

Untuk Dinas Kesehatan, dijelaskan wakil rakyat asal Kecamatan Senduro ini, ada tambahan kegiatan pelayanan Puskesmas, aktifitas Mini Loka Karya dan reward kader sejumlah Rp160 juta. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sejumlah Anggaran Telah Selesai Dibahas, Komisi D DPRD Lumajang Temukan Banyak Perubahan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT