Jumat, 03 Februari 2023
Politik

Sejumlah OPD Mendapat Kenaikan Anggaran dan Pendapatan, Usai Raker Bersama Komisi B DPRD Lumajang

profile
Achmad

30 Desember 2022 11:19

555 dilihat
Sejumlah OPD Mendapat Kenaikan Anggaran dan Pendapatan, Usai Raker Bersama Komisi B DPRD Lumajang
Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Lumajang, Eko Adis Prayoga, saat ditemui media. (SJP)

KABUPATEN LUMAJANG – Usai melaksanakan Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi B DPRD Kabupten Lumajang, sejumlah OPD mendapatkan kenaikan anggaran pada APBD Tahun Anggaran 2023.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Lumajang, Eko Adis Prayoga, menyampaikan dari kegiatan itu dapat diambil kesimpulan, penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Lumajang Tahun Angaran 2023 ditinjau dari aspek formal dan materi telah sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Namun demikian, dikatakan politisi PKB ini, ada beberapa hal yang berkaitan dengan pos anggaran yang masih perlu pembahasan lebih lanjut ditingkat Badan Anggaran DPRD Kabupaten Lumajang.

"Seperti Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, ada perubahan target pendapatan pada sektor pariwisata tahun 2023 dari Rp2.389.428 ribu naik sebesar Rp2.550 juta, dengan tidak merubah postur tubuh dari anggaran," jelasnya kepada awak media ini, Selasa (6/12/2022).

Namun di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, kata Eko, anggaran berkurang sebanyak 31 persen pada tahun 2023 dengan mengutamakan skala prioritas.

"Adanya program pelatihan bencana yang belum pernah dianggarkan, mengingat Kabupaten Lumajang dengan daerah ancaman terbanyak yaitu 11 dari 13 ancaman bencana di Jawa Timur, maka adanya pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana yaitu pembentukan kader sekolah gunung dengan anggaran sebesar Rp32.8 juta," terangnya lagi.

Pada Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lumajang, potensi target pendapatan pada tahun 2023, diungkapkan Eko, dapat naik sebesar Rp140 juta, dengan tidak merubah postur tubuh dari anggaran.

"Untuk Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang, ada penambahan PAD dari Rp8.183.608.100 menjadi Rp8,6 milyar," pungkasnya. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sejumlah OPD Mendapat Kenaikan Anggaran dan Pendapatan, Usai Raker Bersama Komisi B DPRD Lumajang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT