Kamis, 09 Februari 2023
Politik

Temukan 23 Keanggotaan Parpol Ganda, Begini Penjelasan KPU Malang

profile
Senopati

07 September 2022 09:40

467 dilihat
Temukan 23 Keanggotaan Parpol Ganda, Begini Penjelasan KPU Malang
KPU Kabupaten Malang saat memverifikasi anggota Partai Politik yang ganda. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malang menemukan keanggotaan ganda dalam verifikasi administrasi partai politik pendaftar peserta Pemilu 2024.

Menurut Komisioner KPU, Marhaendra Pramudya Mahardika, pihaknya membenarkan adanya temuan keanggotaan Partai Politik peserta Pemilu tahun 2024 ternyata ganda. 

"Ada 23 nama yang tercatat keanggotaan di lebih dari satu parpol, yang sama-sama telah mengunggah surat pernyataan di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol)," kata Marhaendra Mahardika di kantor KPU Kabupaten Malang, Selasa malam 6 September 2022 kemarin.

Temuan ini, menurutnya berdasarkan hasil verifikasi administrasi yang dilakukan kepada semua parpol yang mendaftar calon peserta Pemilu 2024.

"Karena telah mengunggah surat pernyataan di SIPOL, maka mereka kami dihadirkan ke kantor KPU untuk klarifikasi secara langsung. Hal ini untuk menjelaskan yang bersangkutan adalah anggota partai politik yang mana," jelas Marhaendra.

Marhaendra menambahkan, pihaknya akhirnya menghadirkan secara langsung Parpol yang memiliki keanggotaan ganda tersebut untuk dimintai klarifikasi dan penjelasannya.

"Yang bersangkutan dihadirkan langsung di kantor KPU Kabupaten Malang untuk dilakukan klarifikasi secara langsung. Dilaksanakan tanggal 5 September 2022 hingga ditutup pukul 23.59 WIB," bebernya.

Kepada pihak yang tidak hadir saat klarifikasi keanggotaan parpol, lanjutnya, maka dinyatakan tidak memenuhi syarat.

"Untuk keanggotaan Parpol ganda yang tidak memenuhi kehadiran klarifikasi di kantor KPU Kabupaten Malang maka kami anggap tidak memenuhi persyaratan administrasi," pungkasnya. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Temukan 23 Keanggotaan Parpol Ganda, Begini Penjelasan KPU Malang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT