Kamis, 06 Oktober 2022
Politik

Upaya P4GN, DPRD Lumajang Usulkan Perda Narkotika

profile
Achmad

24 Agustus 2022 15:34

389 dilihat
Upaya P4GN, DPRD Lumajang Usulkan Perda Narkotika
Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Lumajang, Hj Nur Hidayati saat memberikan paparan acara P4GN. (SJP)

LUMAJANG - Dalam upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Kabupaten Lumajang, DPRD Kabupaten Lumajang menginisiasi terbentuknya Peraturan Daerah (Perda) Narkotika.

"Ini sebuah upaya yang terus menerus dilakukan oleh berbagai komponen masyarakat dan Pemerintah dari resiko penyalahgunaan adiksi narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya," kata Anggota Komisi DPRD Kabupaten Lumajang, Hj Nur Hidayati, saat diwawancarai sejumlah media, Rabu (24/8/2022).

Kata politisi Partai NasDem ini, Perda merupakan amanah sebagai bahan bagi para penguna narkoba bisa diberantas secara terstruktur dan terukur. Disini, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang mempunyai tanggungjawab terhadap masyarakat, agar mereka terhindar dari bahaya narkotika.

Perda P4GN, kata wakil rakyat asal Kecamatan Kedungjajang ini, bisa dikatakan berhasil apabila 3 komponen berjalan seiring sejalan, yaitu BNN, Pemkab dan masyarakat, dengan melakukan kegiatan sosialisasi bahaya narkoba.

"Terkait regulasi bahaya narkoba akan kami usulkan, serta dana akan dianggarkan," ungkapnya lagi

Kerjasama antara pemerintah dengan pihak masyarakat, dijelaskan Nur Hidayati, bisa dengan memberikan penghargaan kepada masyarakat yang melaporkan apapun bentuknya.

"Pemerintah dapat membuka ruang seluas-luasnya dalam melakukan kerjasama bersosialisasi P4GN bisa dengan ASN, media massa, LSM, ormas, orgam, BUMD agar bisa bergerak bersama-sama, dan semuanya tergantung goodwill dari pemerintah," paparnya pula.

Adanya Perda narkotika ini akan memperluas jaringan kinerja Kepala BNN Kabupaten Lumajang, AKBP Indra Brahmana, yang asli Lumajang.

"Semoga nantike depan, Perda ini jangan mandul, dan Perbup harus segera dibuat untuk menjalankannya dan pemerintah wajib menganggarkannya," tutupnya. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Upaya P4GN, DPRD Lumajang Usulkan Perda Narkotika

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT